Kudus Diguncang Gempa, Getaran terasa Hingga Jepara dan Demak

gempa kudus
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, KUDUS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi berkekuatan 4,2 magnitudo t di Kabupaten Kudus. Goncangan terasa tidak hanya di Kudus, tapi juga Jepara dan Demak.

Kepala Stasiun Geofisika Klas III Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan peristiwa terjadi pukul 11.22 WIB di kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat 6.69 Lintang Selatan dan 110.78 Bujur Timur, sekitar 14 KM Barat Laut Kudus- Jawa Tengah.

Gempa bumi magnitudo 4,2 terjadi di Kudus, Jawa Tengah. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Kudus, Demak, Jepara II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5).

Setyoajie menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Dia menambahkan hingga saat ini berdasarkan hasil monitoring dari BMKG, gempa pada siang ini belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Untuk itu masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh perkembangan isu yang menimbulkan keresahan.

Baca jugaGempa Bumi Tektonik 2,6 SR Guncang Dieng

“Hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya.

Sebelumnya, melalui twiter, BMKG menginformasikan Gempa bumi mengguncang Kudus, Jawa Tengah pada Rabu (22/5) pukul 11.22 WIB, menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Twitter @infoBMKG. Lokasi gempa berada di 6.69 LS, 110.78 BT.

Pusat gempa berada di darat 14 kilometer Barat Laut Kudus) dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa Dirasakan (MMI) II-III Kudus, II-III Demak, dan II-III Jepara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan lewat akun Twitter-nya, gempa terjadi pada Rabu (22/5/2019) pukul 11.22 WIB. Pusat gempa ada di darat, 14 km arah barat laut Kudus.

Inti gempa ada di kedalaman 10 km. Gempa dirasakan dalam skala II-III MMI yang artinya getaran dirasakan di dalam rumah dan membuat benda yang digantung bergoyang.

Daerah yang terdata terkena getaran gempa yakni di Kudus, Demak, dan Jepara. Belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*