Kota Bawah Tanah Terluas Di Dunia Segera Dibuka Untuk Wisatawan

Mari berbagi

JoSS, TURKI – Pemerintah Turki segera membuka untuk wisatawan kota bawah tanah terluas di dunia yang ditemukan beberapa tahun lalu saat berlangsung restorasi di kawasan Benteng Nevsehir, di kota Cappadocia, provinsi Central Anatolian di Turki.

Kota Cappadocia yang terkenal dengan batu-batu seperti cerobong asap, gereja di dalam gua, dan tempat tinggal di bawah tanah, akan membuka kota bawah tanah itu bagi para turis.

Mengutip Daily Sabah, 15 Mei 2019, kota bawah tanah itu diyakini akan menyaingi kota bawah tanah terbesar di Cappadocia, Derinkuyu yang menjadi rumah bagi 20 ribu orang.

Baca juga: Akhir 2020 Seluruh Destinasi Wisata di Tanah Air Harus Sudah Bersertifikasi

Kota bawah tanah yang ditemukan di antara kastil didirikan di era Byzantium di Nevsehir. Kota bawah tanah ini diperkirakan didirikan pada masa Byzantium sektiar 5 ribu tahun lalu. Menurut perkiraan para ahli dari Universitas Nevsehir, luas kota bawah tanah itu diperkirakan 460 ribu meter persegi.

Wali kota Nevsehir, Hasan Unver mengatakan, kota bawah tanah terbesar di dunia ini memiliki luas sekitar 45 hektare dari 75 hektare area yang menjadi proyek transformasi kota yang dimulai sejak tahun 2012.

Hasan Unver akan membuat Cappadocia menjadi salah satu atraksi turis terbesar di Turki. Wisatawan akan disajikan sebuah kota bawah tanah lebih bagus dari yang pernah ada.

“Ini akan membuat Cappadocia menjadi salah satu aktrasi turis terbesar di Turki,” katanya, seperti dikutip dari Tempo.co.

Pada tahun 2013, para pekerja konstruksi di kastil menemukan pintu masuk ke kamar dan terowongan.

Sejumlah arkeolog di Turki kemudian menyusuri terowongan itu dan mengumumkan bahwa mereka menemukan ruang tempat tinggal dengan beberapa lantai seperti dapur, kapel, dan tangga. Para ahli kemudian menyakini temuan ini adalah kota bawah tanah terbesar di dunia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*