Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Peredaran Uang Palsu

Mari berbagi

JoSS, LAMONGAN – Maraknya jasa penukaran uang menjelang lebaran, kerap dimanfaatkan sejumlah oknum untuk mengedarkan uang palsu. Meski belum ditemukan kasus peredaran uang palsu di jasa penukaran uang, namun kepolisian di wilayah Lamongan meminta masyarakat agar tidak sembarangan menukar uang dan selalu melakukan 3M (Melihat, Meraba, Menerawang) pada uang yang diterima.

Kapolres Lamongan, Feby DP Hutagalung mengatakan, sebagai upaya preventif pihaknya kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Upaya preventifnya kita tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan menukarkan uang dan memeriksa dulu uang yang diterima,” kata Feby, seperti yang dilansir dari detiknews, Selasa (21/5).

Selain melalui sosialisasi, upaya lain yang dilakukan untuk mencegah peredaran uang palsu adalah dengan melakukan sidak ke sejumlah lokasi penukaran uang.

“Kami juga menugaskan anggota Reskrim dan anggota Binmas untuk melakukan sidak ke lokasi penukaran uang,” tambahnya.

Feby menjelaskan, dari sidak yang dilakukan, polisi belum menemukan adanya peredaran uang palsu di Lamongan.

“Belum ditemukan, laporan juga belum ada. Sidak ini akan berlangsung hingga menjelang lebaran,” pungkasnya.

Baca jugaBI Solo Imbau Masyarakat Tukar Uang di Bank Resmi

Menjelang lebaran, jasa penukaran uang baru untuk Lebaran mulai tampak di beberapa ruas jalan di Kota Lamongan sejak beberapa hari terakhir. Seperti di Jalan Basuki Rahmat, Lamongrejo, A Yani, Ahmad Dahlan, Sunan Drajat dan di seputar Alun-alun Kota Lamongan.

Mereka tidak cuma warga Lamongan yang membuka jasa penukaran uang. Tetapi juga warga luar kota Lamongan.

Penyedia jasa menawarkan penukaran uang baru kepada pengguna jalan. Mulai dari pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu.

Salah seorang yang membuka jasa penukaran uang yakni Subairi. Ia menawarkan uang-uang baru tersebut di di depan BRI Lamongan di Jalan Basuki Rahmat. Dari Rp 100 ribu uang yang ditukarkan, dirinya mendapatkan upah Rp 10 ribu.

“Masih sepi mas, belum ramai. Mungkin nanti kalau sudah hari ke 25 biasanya mulai ramai,” kata Subairi.

Lebih jauh Subairi menuturkan, pendapatannya dari jasa penukaran uang baru tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, tahun ini banyak pendatang baru yang menjual atau menyediakan jasa penukaran uang di Lamongan. Dalam sehari, Subairi mengaku bisa menukarkan uang hingga Rp 5 juta.

“Kalau sudah mendekati lebaran akan semakin ramai,” imbuhnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*