Sembilan Bank Layani Penukaran Uang di 109 Titik di Jateng

penukaran uang di jateng
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG  – Bank Indonesia (BI) Kanwil Jateng bersama 8 bank swasta lainnya di Jawa Tengah menggelar kegiatan penukaran uang menjelang hari raya Idul Fitri.

Selain BI, bank lain yang turut serta membuka layanan penukaran uang menggunakan mobile banking keliling antara lain Bank Jateng, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan Maybank.

Kepala Perwakilan BI Jateng Soekowardojo mengatakan, pihaknya bersama seluruh perbankan telah menyiapkan 109 titik layanan penukaran uang di seluruh wilayah Jateng, termasuk di semua rest area jalur mudik.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, biasanya jelang hari raya Idul Fitri kebutuhan uang kartal masyarakat semakin meningkat. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan menjamin kebutuhan masyarakat akan uang tercukupi, BI membuka layanan penukaran uang di luar kantor bekerjasama dengan sejumlah perbankan,” katanya, Senin (20/5) seperti dikutip Asatu.id.

Baca juga: Jalur Naik Turun di Ruas Tol Semarang-Salatiga Perlu Diwaspadai Pemudik

Dalam acara pembukaan pelaksanaan Penukaran Uang Bersama Perbankan di GOR Tri Lomba Juang, Senin (20/5) pagi, Soekowardojo turut mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penarikan atau penukaran uang sesuai dengan jumlah dan jenis pecahan yang dibutuhkan.

Masyarakat diimbau agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan resmi yang diselenggarakan BI dan perbankan di wilayah Indonesia serta pihak-pihak lain yang ditunjuk oleh BI. Apalagi penukaran uang secara resmi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Tidak dapat kita pungkiri akhir-akhir ini marak pemberitaan soal kasus uang palsu di masyarakat. Yang apabila itu terjadi, maka dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Sehingga, selain membuka loket penukaran uang, kami juga memberikan bekal informasi kepada masyarakat tentang bagaimana mengenal ciri-ciri keaslian uang rupiah,” katanya.

Sebagai tambahan, pelaksanaan layanan penukaran uang di GOR Tri Lomba Juang Semarang akan berlangsung secara bergantian mulai tanggal 20 s/d 23 Mei 2019. Loket penukaran pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB atau jumlah nomer antrian telah mencapai 800. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*