fbpx Press "Enter" to skip to content

18 Puskesmas di Jogja Siap Menerima Caleg Stres

Jumat, 26 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Untuk mengantisipasi masalah-masalah kesehatan yang timbul akibat pemilu, tak terkecuali kesehatan mental, Dinas kesehatan Kota Jogja menyiagakan puskesmas sebagai layanan kesehatan terdekat dengan masyarakat.

Setidaknya ada 18 Pukesmas di Kota Jogja telah diinstruksikan untuk siaga selama masa pemilu. Saat hari pencoblosan, puskesmas tidak libur, tapi siaga di tempat dengan petugas full team.

Meski demikian, menurut Kepala Bidang Layanan Kesehatan, Lana Unwanah, ia tidak mendapati adanya laporan lonjakan orang sakit di hari-hari pencoblosan dan penghitungan suara. Meski data resmi dari setiap puskesmas belum masuk, ia memantau lewat grup Whatsapp puskesmas. “Ada yang sakit, tapi cuma batuk dan sakit ringan lainnya, jumlahnya masih wajar sejauh ini,” katanya seperti dirilis Harianjogja.com.

Baca juga: Tol Solo – Cilacap Diusulkan Via Jogja

Sedangkan untuk pasca pencoblosan, ia tidak menyangkal jika ada kemungkinan peserta pemilu, khususnya calon legislatif (Caleg) berpotensi stress. Menurutnya, ini hal wajar, karena pasti banyak caleg yang tidak lolos dan tidak semua bisa menanggung konsekwensinya.

Ia menjelaskan, fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di Amerika juga ada. Di sana, gejala ini disebut Post Election Stress Disorder. Gejala ini menimpa peserta pemilu yang telah melakukan banyak hal, tapi ternyata tidak lolos, sehingga mengguncang kondisi mentalnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, ia telah menyiapkan layanan konsultasi psikologi di semua puskesmas. Layanan psikolog di setiap puskesmas sebenarnya sudah ada setiap saat, tidak hanya pada masa pemilu. “Jadi kita sudah siap kalau ada caleg yang butuh penanganan psikologis,” kayanya.

Meski demikian, ia lebih menyarankan kepada para caleg yang mengalami stress pasca pemilu untuk melakukan penanganan sendiri. Ini bisa dilakukan dengan dengan menjalani kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, bersepeda, dan lainnya. (Wiek)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id