fbpx Press "Enter" to skip to content

Dilaporkan, Banyak Warga Asing yang Berbisnis Tidak Sesuai Ijin

Minggu, 19 Mei 2019
Mari berbagi

JoSS, SLEMAN – Elemen masyarakat Yogyakarta bernama Paguyuban Atmo 5 pun menemukan adanya warga negara asing yang berbisnis di Yogyakarta tidak sesuai dengan ijin usaha yang dimilikinya.

Oknum WNA ini ijin usahanya seharusnya furniture, tapi justru berusaha di bidang kuliner es krim yang sudah memiliki nama atau brand yang cukup populer di Kota Gudeg ini.

Heruwintoko, koordinator Paguyuban Atmo 5 ini mengatakan kalau kasus ini berhasil ditindak akan menjadi peringatan yang lain karena potensi pelanggaran seperti ijin usaha di Yogyakarta besar sekali mengingat Kota Budaya ini banyak didatangi dan dihuni warga asing.

“Kami sudah mengadukan ke dinas tenaga kerja terkait ini. Kami juga menyampaikan ke imigrasi agar menindaklanjuti,” katanya ketika konferensi pers di salah satu kafe wilayah Sleman, Kamis (16/5) sore seperti dikutip Bernas.id.

Baca juga: Dalam Waktu 4 Tahun 12 Perguruan Tinggi di Jogja Kukut

“Warga negara asing, silakan berusaha tapi mengikuti aturan-aturan prosedur yang berlaku. Ikutilah aturan yang berlaku di Yogyakarta,” imbuhnya.

Heruwintoko menjelaskan pelaporan tersebut merupakan bentuk kegelisahan dari elemen masyarakat Yogyakarta karena adanya warga negara asing yang berbisnis di DIY, tapi tidak sesuai dengan ijin usaha yang dimilikinya. “Oknum WNA ini ternyata juga memperkerjakan WNA Asing tanpa izin kerja,” imbuhnya.

Sedangkan, Hani Kuswanto, SH selaku kuasa hukum Paguyuban Atmo 5 mengatakan pokok pelanggaran pada pengusaha perorangan yang bekerja tidak sesuai ijin yang dimilikinya dan tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaannya tanpa ijin.

“Hal itu melanggar Undang-undang RI No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, pasal 185 dan pasal 187. Pelanggaran tentang tindak pidana ketenagakerjaan,” ujarnya.

“Warga negara asing itu akan bisa mendapat sanksi ancaman kurungan penjara 1 sampai 4 tahun,” imbuhnya. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id