Bandara Adisutjipto Siapkan 22 Penerbangan Tambahan

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Bandara Internasional Adisutjipto rencananya akan menyiapkan 22 penerbangan tambahan saat arus mudik dan arus balik. Dari 22 penerbangan tambahan tersebut, 13 diantaranya akan diarahkan ke Bandara Internasional Yogyakarta (BIY).

General Manager AP I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan jika pihaknya sudah mengumpulkan airline. Dari sejumlah airline yang ada, 4 diantaranya mengajukan tambahan penerbangan, yakni Air Asia, Lion Air, Sriwijaya Air serta Express Air.

“Sesuai dengan himbauan Menteri Perhubungan, bahwa extra flight kita diarahkan ke BIY. Ada empat yang mengajukan tambahan penerbangan, ada yang mengusulkan pagi sampai sore bahkan malam,” katanya belum lama ini, seperti dikutip Tribunjogja.com.

Pandu menjelaskan, dikarenakan operasi di BIY baru dari pukul 06.00-18.00 WIB, maka untuk penerbangan malam akan diarahkan ke Adisutjipto.

“Kalau operasi di BIY dari pagi sampai 16.00 WIB. Yang penerbangan malam tetap di Adisutjipto. Kami di Adisutjipto susah siap menampung. Sedangkan untuk di BIY juga sudah siap semua, baik dari ruangan, SDM, maupun angkutan darat pendukung seperti DAMRI berjumlah 12, Suttle Bus 15, 20 unit taxi berargo, maupun kereta,” katanya.

Baca jugaPesawat Garuda Indonesia Tergelincir di Bandara Adi Sutjipto

Untuk tujuan dari penerbangan tambahan tersebut diantaranya menuju Jakarta, Bali, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Makassar.

Selain tambahan penerbangan, di Bandara Adisucipto maupun BIY juga akan dibuka posko selama 16 hari mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 13 Juni 2019, atau H-7 sampai dengan H+8 lebaran.

Di Bandara Adisucipto sendiri posko akan ditempatkan di Terminal A Dan B, sedangkan di BIY posko akan ditempatkan di lobby keberangkatan domestik.

“Untuk pelaksanaan posko terpadu ini tentunya akan melibatkan beberapa instansi, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, POM AU, Hanlan, Intel, Detasemen Hanud 474 Paskhas, Basarnas, Sabhara, Polantas dan Satuan Radar 215 Congot,” terangnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*