AP I Bebaskan Biaya Landing Untuk Penerbangan Tambahan Selama Lebaran

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) memberikan insentif bagi maskapai pada masa angkutan mudik Lebaran 2019. Insentif tersebut berupa pembebasan pengenaan tarif landing charge dan extended untuk penerbangan tambahan (extra flight).

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan insentif itu diberlakukan mulai 29 Mei-13 Juni 2019. “Khusus penerbangan tambahan domestik dan internasional, kami melakukan pembebasan pengenaan tarif landing charge dan extended yaitu dari 29 Mei hingga 13 Juni 2019,” katanya, Rabu (22/5).

Dia menambahkan, sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2019, AP I menyelenggarakan Posko Angkutan Udara Lebaran Terpadu di 14 cabang bandara.

Penyelenggaraan Posko Angkutan Udara Lebaran ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk pelayanan dan kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Baca juga: Penurunan Tarif Tiket Pesawat Belum Mampu Dongkrak Bisnis Penerbangan

“Posko Angkutan Lebaran dilaksanakan pada 29 Mei (H-7) hingga 13 Juni (H+7) dengan periode puncak arus mudik pada 30 Mei-1 Juni dan puncak arus balik pada 9-10 Juni,” ujarnya, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan, Posko Angkutan Lebaran ini melibatkan pihak internal AP I seperti petugas aviation security (Avsec), apron movement control (AMC), passenger service, airport rescue and fire fighting (ARFF), data entry, information technology, facility readiness & equipment readiness dan pihak eksternal TNI, Polri, Otoritas Bandar Udara (Otban), Airnav, SAR, KKP, custom-immigration-quarantine (CIQ), maskapai, dan ground handling.

Pada Ramadan ini, pihaknya juga melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan di 14 bandara, di antaranya, dengan pembagian takjil gratis di bandara, pertunjukan musik di beberapa bandara, serta nursery room, kidzone atau playground yang dapat digunakan penumpang yang membawa anak-anak saat menunggu penerbangan.

Sementara itu, selama Ramadan Angkasa Pura I juga menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial. Salah satunya yaitu dukungan terhadap kegiatan Safari Ramadan Kementerian BUMN dengan menyalurkan bantuan sarana dan prasarana ibadah senilai Rp500 juta dan 1.000 Alquran, dan santunan kepada 1.000 anak yatim di lima kabupaten di Jawa tengah.

“Selain itu, juga disalurkan Sembako Ramadan di seluruh cabang Angkasa Pura I sebanyak 7.025 paket dengan nilai Rp1,08 miliar,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*