fbpx Press "Enter" to skip to content

Tiap Kecamatan Siapkan Petugas Medis Selama Rekapitulasi Suara

Kamis, 25 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Rekapitulasi suara di tiap kecamatan di Yogyakarta akan dilengkapi dengan hadirnya petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Ini untuk memastikan kondisi kesehatan seluruh petugas yang terlibat dalam kegiatan tersebut baik.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Agus mengatakan penyiagaan tenaga medis ini dilakukan sampai serulur proses rekapitulasi hasil pemungutan suara selesai dilaksanakan.

“Kami siagakan petugas medis dari tiap puskesmas yang ada di wilayah. Kegiatan ini akan kami lakukan hingga seluruh proses rekapitulasi suara di kecamatan selesai dilakukan. Bagaimanapun juga, mereka bertugas untuk negara dan harus kami dukung,” katanya, Rabu (24/4).

Ia menyebut, seluruh proses penghitungan suara yang dimulai dari tempat pemungutan suara (TPS) hingga rekapitulasi berjenjang di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilanjutkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan nantinya di KPU Kota Yogyakarta sangat menguras tenaga dan pikiran.

Oleh karena itu, lanjut dia, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta berinisiatif menyiagakan dan menerjunkan petugas medis untuk melakukan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi seluruh petugas yang terlibat dalam proses rekapitulasi penghitungan suara.

Baca jugaLagi, Seorang Anggota KPPS di Mojolaban Sukoharjo Meninggal

“Layanan pemeriksaan kesehatan tidak hanya untuk PPS dan PPK saja tetapi seluruh pihak yang terlibat. Bisa linmas atau kepolisian dan pengawas pemilu yang ada di lokasi tersebut,” jelasnya.

Dari layanan kesehatan yang telah dilakukan sejak Jumat (19/4), Agus menyebut, banyak petugas yang mengalami kelelahan karena harus bekerja lembur selama beberapa hari menyelesaikan rekapitulasi suara dan mengisi cukup banyak dokumen.

Sejumlah gangguan kesehatan yang dialami atau dikeluhkan petugas di antaranya adalah sakit kepala disebabkan kurang tidur, lelah, dan naiknya tekanan darah, hingga nyeri otot.

“Biasanya, dokter akan memberikan obat penurun tekanan darah dan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta meminta mereka memperhatikan asupan gizi dan kecukupan konsumsi air mineral karena biasanya petugas justru lebih sering minum kopi,” katanya.

Selain mengalami kelelahan fisik, Agus menyebut, petugas rekapitulasi juga mengalami tingkat stres yang cukup tinggi. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id