fbpx

Suara Melejit di Solo, PKS Akui Karena Efek Gerakan 212

gerakan 212
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan perolehan suara di Solo yang sangat tinggi bukan karena pengaruh dukungan capres – cawapres yang diusung yaitu Prabowo-Sandi, namun karena efek gerakan massa 212.

Seperti diketahui, suara PKS Solo berdasarkan perhitungan suara (real count) internal di 1.640 TPS sebesar 80,03 persen. Suara masuk 94,63 persen, PKS dapat 35.218 suara, sementara 2014 hanya 19.562 suara saja.

Ketua Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Solo, Abdul Ghofar mengatakan meroketnya suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Solo disebut bukan karena efek dukungan terhadap capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno (Prabowo-Sandi).

Dia menambahkan peningkatan suara PKS berdasarkan perhitungan suara (real count) internal di 1.640 TPS sebesar 80,03 persen, bukan karena Pilpres 2019 yang mendukung Prabowo-Sandi.

“Kalau efek elektoral ekor jas (coattail effect), kan Partai Gerindra, tapi kami tidak merasakan efek itu. Tetapi kenaikan suara karena efek gerakan massa 212,” ungkapnya, konferensi pers di kantor DPD PKS Solo, Jalan Slamet Riyadi Nomor 534B, Kecamatan Laweyan, Solo, belum lama ini.

Baca juga: Penyelenggaraan Pemilu 2019 Yang Terberat

Seperti dikutip dari Tribunnews, lebih lanjut dia menjelaskan, kenaikan suara PKS juga karena program yang ditawarkan kepada masyarakat cukup membumi.  “Ada PKS 8 bebas pajak, SIM gratis, hingga Rp 8 juta penghasilan. Itu yang kami lihat di lapangan secara langsung, sehingga kami yakin suara meroket,” ujar dia.

Sebelumnya, DPD PKS Solo menggelar perhitungan suara internal (real count) di 1.640 TPS yang berada di Solo selama Pemilu 2019. Ghofar, hasilnya torehan suara PKS cukup mengejutkan karena mengalami kenaikan 80,03 persen dibandingkan suara Pileg 2014.

Adapun perhitungan suara yang dilakukan PKS lanjut dia, dengan menerjunkan saksi partai saat pencoblosan di belasan ribu TPS. “Mereka kami tugaskan memantau dan mengambil foto kertas C-1 plano pencoblosan  suara legislatif,” ungkapnya. (Wiek/lna) 


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *