Rawan Penularan Virus, Enam Benda Ini Tak Boleh Dipinjamkan

rawan penularan virus
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA Budaya orang Indonesia salah satunya adalah senang meminjamkan barang pribadi. Namun, tidak semua hal aman untuk dipinjamkan. Ini enam benda  yang sebaiknya digunakan sendiri demi kenyamanan dan kesehatan dan tidak perlu dipinjamkan, sesuai yang dikutip dari wolipop.detik.com:

1. Gunting Kuku

Mungkin kita tidak bisa melihatnya, tetapi ada banyak bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Oleh sebab itu, gunting kuku bisa menjadi faktor infeksi. Dengan demikian, meminjamkan gunting kuku kepada orang lain dapat meningkatkan risiko penyakit jamur dan hepatitis.

2. Anting

Ada banyak pembuluh darah di telinga. Itu sebabnya telinga mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan mengenakan anting. Lain kali jika ingin meminjam anting, jangan lupa dibersihkan dengan alkohol

3. Pinset Alis

Jika menggunakan pinset orang lain untuk mencabut sedikit rambut, itu tidak terlalu berbahaya, tetapi jika menggunakannya untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam, alat ini dapat menyebabkan penyakit serius. Dalam kasus seperti itu, pinset bisa menjadi penyebab Hepatitis C.

Baca juga: Jangan Sepelekan Cuci Kaki

4. Deodoran Roll-On

Deodoran bentuk roll-on dapat menyebabkan infeksi yang serius, terutama jika ketiak mengalami luka kecil setelah bercukur. Wangi deodoran hanya menutupi bau dan tidak dapat mencegah penyebaran bakteri. Oleh sebab itu, selalu pilih deodoran dengan bahan antibakteri dan jangan meminjamkannya ke orang lain bahkan keluarga.

5. Sabun Batangan

Mikroorganisme melapisi sabun batang setelah digunakan. Tidak hanya mikroba baik tetapi juga virus berbahaya. Ketika sabun diletakkan di tempatnya, kelembapannya menjadi tempat ideal untuk pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Untuk mengurangi risiko infeksi, lebih baik gunakan sabun cair.

6. Sisir

Jangan pernah meminjamkan sikat rambut atau sisir ke orang lain. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyebaran parasit seperti kutu, kudis bahkan infeksi staph. Jika berbagi sisir, segera bersihkan dengan sabun, tisu basah atau alkohol. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan tidak berbagi sisir. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*