Penyelesaian Hasil Verifikasi NYIA Ditarget Rampung Sepekan

Verifikasi
Kondisi proyek pembangunan NYIA | Foto: dokumentasi AP/tribunews
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – PT Angkasa Pura I segera menindaklanjuti perintah dari Kementerian Perhubungan atas sejumlah temuan hasil verifikasi terkait pengoperasian New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang dilakukan pada 4-6 April lalu. Sejumlah point itu ditarget terselesaikan pada 13 April nanti.

Project Manager Pembangunan NYIA PT AP I Taochid Hadi mengatakan ada tujuh poin temuan dari kementerian perhubungan yang bersifat mandatory atau perintah atas hasil verifikasi kelayakan bandara pada akhir pekan lalu.

Dia menjekaskan tujuh poin mandatory di antaranya soal penyelesaian tata lampu landasan pacu, pengecatan marka dan beberapa hal lainnya.

“Kami menargetkan seluruh mandatory itu selesai paling lambat 13 April, semoga tidak terkendala cuaca. Kami mengejar target dengan meningkatkan produktivitas kalau hujan turun.maka akan menurunkan produktivitas,” katanya.

Taochid mengatakan progress perkembangan pembangunan Bandara NYIA untuk operasional minimum rencananya mencapai 48%. Sehingga API melalui KSO PT PP terus mengerjakan proyek secara cepat dan berlualitas, khususnya menindaklanjuti mandatory Kemenhub.

Taochid menambahkan tidak ada verifikasi ulang dan nantinya tim kemenhub hanya akan melakukan pemeriksaan final atas situasi NYIA. Selanjutnya pada 23-24 april NYIA direncanakan bakal menjalani simulasi atau ujicoba pelayanan penerbangan komersial.

General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, hasil verifikasi menunjukkan adanya beberapa temuan minor.

Uji verifikasi Bandara NYIA dilaksanakan 4-6 April 2019. Kegiatan ini menjadi wewenang Direktorat Bandar Udara, Direktorat Keamanan Penerbangan, dan Direktorat Navigasi, Kemenhub. Proses verifikasi meliputi sisi udara (air side) dan sisi darat (ground side).

“Untuk sisi udara (air side) meliputi temuan yang sangat minor,” kata Pandu. Adapun hasil verifikasi tersebut, antara lain: Tindak lanjut penyelesaian marka serta kelengkapan rambu (signage), baik untuk landasan pacu (runway), jalan penghubung (taxiway), maupun area parkir pesawat (apron).

Baca juga: Jelang Pengoperasian Gedung Terminal NYIA Siap Digunakan

Selain itu, penyelesaian turning pad di ujung landas pacu 29 (sisi barat) dan penyelesaian airfield lighting.

Kekurangan juga ditemukan dalam proses verifikasi sisi darat. Pandu menjelaskan, ada temuan yang sifatnya minor terkait beberapa perlengkapan ruang dan alat CIQ. Hal ini dikomunikasikan dengan pihak Bea Cukai, imigrasi, maupun karantina.

Pandu menjelaskan, saat ini progres pembangunan bandara sudah mencapai 95 persen menuju pengoperasian perdana. Verifikasi bandara meliputi empat aspek, yaitu keamanan (safety), pelayanan (services), dan kepatuhan (compliance). Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa bandara yang dibangun siap beroperasi.

Pengecekan di sisi udara meliputi runway dengan ukuran 3250 meter x 45 meter, ditambah 15 meter sisi kanan kiri, parallel taxiway, apron parking stand, airfield lighting, marka, signage, dan seluruh perlengkapan penerbangan di sisi udara.

Di sisi darat, verifikasi dilakukan pada terminal seluas 12.920 meter persegi, gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) , gedung cargo, peralatan keamanan x-ray , body scan, serta seluruh fasilitas pendukung termasuk garbarata. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*