fbpx Press "Enter" to skip to content

Jelang Pengoperasian Gedung Terminal NYIA Siap Digunakan

Senin, 1 April 2019
Mari berbagi

JoSS, KULONPOROGO – Setelah selesai pembangunan runway sepanjang 3.250 meter, kini gedung terminal New Yogyakarta International Aiport (NYIA) sudah siap digunakan. Terminal Bandara baru di Kulonproggo ini memiliki luas sekitar 12.920 meter persegi.

Project Manager Pembangunan NYIA Taochid Purnama Hadi mengatakan luas tersebut hanya luas minimal dalam pengoperasian bandara. Pembangunan NYIA secara keseluruhan yang ditargetkan rampung pada Desember 2019, luas terminal 210.000 meter persegi dengan kapasitas 14 juta penumpang per tahun.

Dia menambahkan gedung terminal penumpang bandara yang akan difungsikan dalam pengoperasian perdana pada April 2019 tinggal disempurnakan di bagian interior.

Beberapa pekerjaan yang masih harus diselesaikan hanya pemasangan ornamen, pengerjaan papan gambar penunjuk di area boarding gate serta pemasangan beberapa instalasi pendukung.

Garbarata, atau jembatan berdidinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu dengan pintu pesawat juga telah terpasang tiga unit. Rencananya ada lima garbarata saat NYIA mulai dioperasikan bulan ini.

“Nanti akan terus ditambah. Untuk operasi perdana di April, ada dua boarding gate dengan empat garbarata yang akan digunakan bagi layanan penerbangan internasional,” kata Taochid, Minggu (31/3).

Menurut dia pada saat masa operasi terbatas, apron NYIA mampu menampung hingga sembilan pesawat secara bersamaan di depan terminal internasional. Jumlah ini mendekati kapasitas apron dan parking stand Bandara Adisucipto yang terbatas hanya 11 pesawat.

Baca juga: NYIA Bakal Bikin Purworejo Jadi Tujuan Wisata Baru

“Saat sudah beroperasi penuh, apron NYIA sanggup menampung hingga 23 pesawat,” tuturnya.

Taochid juga memastikan area untuk layanan imigrasi dan bea cukai telah siap digunakan. Begitu pun dengan kawasan bisnis usaha dan ATM yang berada di dalam maupun terminal maupun luar. Saat ini, pelaksana proyek masih menunggu mitra penyewa gerai untuk menempati terminal tersebut.

Infrastruktur lain yang telah siap untuk pengoperasian perdana adalah jalan masuk bagi calon penumpang pesawat. Kelak, akses pengunjung melewati jalan  beraspal. Selanjutnya akan ada flyover yang menghubungkan gerbang dengan terminal dan gedung parkir.

“Namun demikian, flyover masih dalam tahap pembangunan dan pemasangan girder,” jelasnya.

Pintu utama beserta pagar dan gate juga masih digarap. Meski begitu, rangka gate telah terpasang. Dalam waktu dekat, pelaksana proyek tinggal memasang bagian atap, bebebarengan dengan pengerjaan area hijau.

Gedung parkir kendaraan pengunjung juga hampir kelar. Gedung tersebut akan memiliki kapasitas hingga 500 kendaraan. Pemasangan rambu-rambu di area parkir akan dikerjakan AP Support, anak perusahaan Aangkasa Pura I. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id