fbpx Press "Enter" to skip to content

Masjid Agung Kauman Bakal Dibangun Jadi 8 Lantai

Kamis, 4 April 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengaku bangga dan mendukung penuh atas rencana pembangunan Masjid Agung Semarang atau yang dikenal dengan nama Masjid Agung Kauman yang akan diperluas hingga 8 lantai.

Menurut dia, masjid yang menjadi kebanggaan warga Semarang ini akan menjadi salah satu icon kota ini. Ia pun berharap pembangunan masjid berjalan lancar dan memberi berkah bagi warga Kota Semarang dan bangsa Indonesia.

“Pada saat kami dikabari tentang rencana perluasan, kami melihatnya dari dua sisi. Pertama sebagai warga kota Semarang ada rasa keharuan dan kebanggaan. Masjid yang menjadi tetenger (tanda) kota Semarang sebentar lagi tambah mewah, tambah nyaman untuk kita beribadah,” ujar Hendi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/4).

Ia mengatakan hal tersebut saat acara pemancangan tiang pembangunan Masjid Agung Kauman, Rabu (3/4). Kegiatan yang digelar bertepatan dengan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H ini turut dihadiri oleh para tokoh agama Islam dan takmir Masjid Agung Kauman.

Hendi turut mengatakan ia tidak akan berdiam diri mendengar rencana pembangunan Masjid Agung Kota Semarang.

“Dari sisi pemerintah, kami tadi sudah mendengar betapa gigihnya panitia pembangunan mulai dulu meskipun dananya kurang, pasti ada perhatian. Warga Kota Semarang pasti senang kalau Masjid Agung-nya semakin bagus,” katanya.

Baca juga: Trotoar Jalan Pemuda Semarang Jadi Rintisan Smart Pedestrian

Sementara itu, tim pembangunan Masjid Agung Kauman mengungkapkan masjid akan dibangun menjadi 8 lantai. Lantai 1,2, dan 3 menjadi tempat salat. Sedangkan lantai 4 dan 5 akan digunakan sebagai Islamic Center. Lantai 6 dan 7 sebagai guest house bagi musafir atau pengunjung dan lantai 8 dijadikan ruang serba guna.

Pembangunan Masjid Agung Kauman dibagi menjadi 4 tahap dengan total dana sekitar Rp 27 miliar. Pembangunan tahap 1 dimulai dengan pemancangan tiang dan direncanakan dalam 5 tahun selesai.

Pembangunan masjid ini tentunya akan semakin mengukuhkan Semarang menjadi kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia.

Sebelumnya Tim Penilai Pembangunan Daerah (PPD Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menetapkan Semarang sebagai satu dari 10 Kota dengan pembangunan daerah terbaik di Indonesia.

“Saat ini kami semua ada di Kota Semarang untuk melakukan verifikasi serta kunjungan lapangan, yang mana ini merupakan tahapan penilaian ke-5. Dan Kota Semarang telah berhasil masuk di 10 besar, saya ucapkan selamat,” ungkap perwakilan Bappenas Agustin Arry Yanna dalam keterangannya, Selasa (2/4).

Agustin mengatakan, masuknya Kota Semarang sebagai satu dari 10 Kota dengan pembangunan daerah terbaik di Indonesia merupakan hasil dari penilaian tim PPD Bappenas. Penilaian dilakukan secara detail mengamati proses perencanaan pembangunan hingga inovasi yang dilakukan. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id