fbpx Press "Enter" to skip to content

Dampak Puasa Ramadhan bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 16 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Puasa Ramadhan apabila diterapkan dengan benar akan berdampak positif bagi kesehatan. Kok bisa? Ikuti beberapa tips berpuasa Ramadhan dapat memberi dampak positif bagi kesehatan yang dilansir dari doktersehat.com:

1. Minum Air Putih dalam Jumlah Besar

Hidrasi adalah hal terpenting yang harus diatasi dalam puasa Ramadan. Sebelum dan sesudah berpuasa, ingatlah untuk meminum air dalam jumlah besar. Kebutuhan hidrasi tubuh minimal adalah 1,5 liter per hari yang tidak dapat ditawar.

2. Pola Diet yang Sehat

Lebih baik menerapkan pola diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan memakan makanan yang manis. Karena selain tidak memuaskan rasa lapar, hal itu juga mengganggu pola makan. Memakan buah seperti kurma justru lebih dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

3. Proporsional Saat Berbuka

Hindari kebiasaan berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sesaat sebelum memakan makanan besar.

4. Makan Secukupnya

Makan secukupnya. Sebab makan yang berlebih selain mengganggu metabolisme tubuh, justru menyebabkan ngantuk dan akan menganggu saat shalat tarawih. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan.

Baca juga: Puasa Justru Untungkan Penderita Gagal Jantung, Ini Tipsnya

5. Pola Sehat Makan Sahur

Di saat bersahur, makanlah buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

7. Tidur di Awal Siang dan Hindari Sinar Matahari

Apabila situasi memungkinkan, tidurlah sesaat saat siang hari untuk mengumpulkan energi dan hindari sinar matahari untuk mencegah dehidrasi.

8. Kurangi Tenaga Fisik

Khusus untuk atlet harus lebih ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Kalau ingin berolahraga, lakukanlah secara tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id