fbpx Press "Enter" to skip to content

Batal Diresmikan, BIY Tunggu Kesiapan Maskapai

Senin, 29 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menampik tudingan batalnya peresmian Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) karena belum siap dari sisi kebandarudaraan. Mundurnya pengoperasian Bandara di Kulonprogo tersebut, menurutnya karena maskapai belum siap.

Faik menjelaskan BIY yang rencananya diresmikan Senin (29/4) diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan karena selain belum siapnya maskapai Airlines, juga menunggu jadwal Presidan dan Kementerian terkait.

“Kita nunggu dari airlines ya. Kalau bandaranya (YIA) sudah siap,” katanya, belum lama ini, seperti dirilis Bernas.id.

Faik menjelaskan untuk sejumlah maskapai yang telah menyampaikan untuk segera beroperasi untuk penerbangan domestik yaitu dari Lion Grup, Garuda Group dan Air Asia. Dia berharap bahwa sebelum Lebaran bandara ini sudah bisa dioperasikan untuk mendukung angkutan mudik. “Sebelum Lebaran juga sudah bisa. Sebenarnya sekarang juga sudah siap dan bisa,” katanya.

Baca juga: Chiang Mai Thailand dan Jogja Berkomitmen Tingkatkan Kerjasama di Bidang Kebudayaan

Untuk segera dioperasikan BIY, Faik menegaskan lagi untuk antisipasi angkutan Lebaran yang sangat padat. “Kalau kita belajar dari tahun-tahun sebelumnya, Jogja selalu menjadi daerah yang sangat padat. Kalau melihat Adisutjipto itu kan sebenarnya hanya untuk penerbangan yang terbatas,” ucapnya.

“Harapannya, tahun ini angkutan penerbangan bisa lebih lancar karena ada opsi alternatif di BIY Kulonprogo,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa proses pengoperasian akan tetap dilakukan, tetapi mengenai penerbangan internasional, masih ada prosedur yang harus dilakukan di negara tujuan karena hubungan dua negara. “Ini persoalan karena airlines (penerbangan internasional) butuh waktu untuk persiapan pengoperasian di bandara yang baru,” tukasnya.

Sekarang ini, Faik menyebut sedang intens berkoordinasi dengan seluruh moda transportasi yang terkait, terutama di Kulonprogo itu kerjasama khusus dengan PT KAI dan DAMRI.”Karena masalahnya dengan aksesbilitas untuk menuju ke YIA,” ucapnya.

“Hari ini di Kulonprogo sedang ada pembahasan airlines, sedang duduk bersama-sama, kapan mereka akan siap mengoperasikan. Mudah-mudahan dalam sepuluh hari sudah ada keputusan. Dua minggu sebelum Lebaran pasti sudah operasional,” tandasnya. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id