Bakal Pakai Baju Adat, Sultan Nyoblos di TPS 15

di TPS 15
Sri Sultan Hamengku Buwono X | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Keluarga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menggunakan hak pilihnya di TPS 15 Panembahan, Kecamatan Kraton pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Ketua PPK Kecamatan Kraton, Sigit Agung mengatakan sesuai dengan data, Sultan HB X dan GKR Hemas akan menggunakan hak pilihnya di TPS 15 Kecamatan Kraton.

Selain itu sejumlah putra dalem juga tercatat DPT di TPS 15, antara lain GKR Condrokirono, KPH Purbodiningrat, GKR Maduretno, KPH Notonegoro, GKR Hayu, GKR Bendoro dan Ahmad Ubaidillah. Sedangkan cucu HB X yang akan memberikan suaranya di TPS 15 adalah RM Gusthilantika Marrel.

“Sultan dan GKR Hemas akan menyoblos di TPS 15, Panembahan, Kraton. Sementara, putri sulung Sri Sultan, GKR Mangkubumi akan menggunakan hak pilih di TPS 22 Panembahan, sesuai dengan tempat tinggalnya saat ini,” kata Agung Selasa (16/4).

Baca juga: Pangkas Rantai Distribusi, Jogja Bakal Bikin Grosir Pangan

Sigit mengatakan, biasanya Sri Sultan hadir paling awal di TPS. TPS sendiri dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Di TPS 15 nantinya, lanjut Sigit, para petugas akan mengenakan busana Jawa. TPS ini memiliki jumlah pemilih sebanyak 285 orang.

“Biasanya Ngarsa Ndalem datang pagi, hadir lebih awal. Tidak diistimewakan, dikasih kesempatan yang sama,” kata dia.

Sultan berharap pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar dan masyarakat menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 17 April mendatang. “Saya mohon masyarakat yang memiliki hak pilih untuk bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik,” ujar Sultan seusai menerima formulir C6 dari KPU.

Menurut Sultan, arah dan masa depan bangsa tergantung dari penggunaan hak pilih yang dilakukan masyarakat, baik untuk memilih presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota. “Pemilu ini membawa kelangsungan pemerintah, gunakan hak jangan golput,” kata Sultan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*