fbpx Press "Enter" to skip to content

Agustina Wilujeng Dampingi Presiden Temui Petani Sragen

Jumat, 12 April 2019
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Anggota Komisi IV DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti mendampingi Presiden Joko Widodo bersilaturahmi dengan para petani di Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Dalam silaturahmi tersebut, Presiden Jokowi mendorong dilakukannya modernisasi industri pertanian.

Menurut Presiden, kata Agustina, modernisasi merupakan hal penting untuk bisa menjaga kualitas produk pertanian, sehingga mampu memenuhi kebutuhan nasional dengan cepat serta mampu bersaing di pasar global. Modernisasi industri pertanian menjadi sebuah keniscayaan, kata Agustina Wilujeng kepada joss.co.id, Kamis (11/4).

Dengan modernisasi dan penggunaan teknologi pertanian, persoalan kualitas produksi yang semula tergantung pada cuaca, bisa diatasi. Meski cuaca kurang mendukung, kualitas produksi pertanian bisa tetap terjaga. “Karena itu Presiden menyarankan teknologi pengeringan hasil pertanian khususnya padi, dimodernisasi lagi,”kata anggota DPR yang mewakili konstituen dari Kabupaten Sragen, Karanganyar dan Wonogiri.

Saran lain yang diberikan kepada para petani di Sragen adalah agar pengelola penggilingan padi juga melengkapi diri dengan mesin pengemasan yang modern supaya proses giling dan kemasnya bisa diselesaikan dengan cepat di satu tempat. Dengan proses penggilingan yang baik, dilengkapi dengan kemasan yang menarik, produk pertanian suatu daerah bisa terangkat.

Dicontohkan misalnya produk pertanian dari Sragen memasang nama produk dengan menyebut daerahnya, jika dilakukan secara berkelanjutan produk sekaligus daerahnya akan popular di masyarakat. “Jadi semuanya nanti ada tulisan Sragen. Misalnya nama merk dilengkapi dengan keterangan tempat bisa desa dan kecamatannya muncul di kemasan. Itu sangat menarik,” kata wakil rakyat yang membidangi masalah Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan ini.

Baca juga: Agustina Usulkan Kenaikkan DAK Untuk Pertanian
Agustina Wilujeng Dampingi Presiden Temui Petani Sragen
Anggota Komisi IV DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti bersama Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri | Foto: ist

Sebagai tindak lanjut dari silaturahmi yang dilakukan, Presiden Joko Widodo berjanji akan mengundang Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) untuk datang ke Istana dalam waktu dekat ini. Dalam pertemuan yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Bupati Sragen Yuni Sukowati, Presiden sekali lagi mengingatkan agar para petani terus mencari teknologi baru yang bisa menunjang usaha taninya.

Dalam posisinya sebagai wakil rakyat dari Solo Raya, Agustina Wilujeng sebelumnya juga mendampingi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani pada Rapat Umum Kader PDIP di GOR Pandawa Solo Baru Sukoharjo. Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan seluruh pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin agar memberikan hak suaranya pada Pemilu 17 April mendatang. Dia mengingatkan jangan sampai ada yang terpancing dengan omongan yang menyebutkan bahwa tanpa mencoblos pun pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin akan tetap menang.

“Jangan dengarkan omongan seperti itu, pasti ada yang ngomong, sudah tidak perlu datang ke TPS, tidak usah memilih PDI Perjuangan. Tanpa kamu pilih pasti PDI Perjuangan menang, karena pendukungnya banyak. Jangan dengarkan itu dan jangan mengikuti perintah itu,” kata Megawati.

Seluruh kader PDIP juga diinstruksikan agar seluruh kader PDIP datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan memberikan hak pilihnya, serta ikut mengawasi proses pemilihan dengan seksama. Dalam Rapat Umum PDIP yang dihadiri oleh lebih kurang 12.200 kader dari Solo Raya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, menyitir warga yang tidak mau memberikan hak suaranya pada Pilpres mendatang atau Golput adalah orang yang tidak mempunyai harga diri. Ia tidak ubahnya dengan seorang pengecut. “Golput itu pengecut,” tegasnya. (wid)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id