fbpx Press "Enter" to skip to content

KPU Jogja Mulai Distribusikan 6.886 Kotak Suara di 1.373 TPS

Senin, 15 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Sebanyak 6.886 kotak suara mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum di 1.373 TPS. Distribusi diberangkatkan dari gudang surat suara KPU Kota Jogja di Jaranan, Banguntapan, Bantul, ke seluruh TPS, Senin (15/4). KPU menargetkan logistik telah sampai di setiap TPS maksimum H-1 pencoblosan.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan sejauh ini persiapan materiel sudah cukup baik dan berharap agar pencoblosan dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

“Yang paling penting adalah hak pilih seluruh masyarqkat bisa terlayani,” katanya seusai pelepasan secara simbolis pendistribusian logistik pemilu di Balai Kota Jogja, Senin.

Haryadi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Dan untuk KPPS, ia berharap bisa menyiapkan TPS sebaik mugkin dan sesuai prosedur.

“Jam 06.00 WIB harus sudah siap, pencoblosan dimulai jam 07.00 WIB sampai jam 13.00 WIB,” ucap dia.

Ketua KPU Jogja, Hidayat Widodo, menjelaskan proses distribusi dibagi menjadi dua hari. Hari pertama distribusi logistik akan menyasar 25 kelurahan di tujuh kecamatan, yakni Danurejan, Jetis, Mantrijeron, Pakualaman, Tegalrejo, Umbulharjo dan Wirobrajan, dengan total TPS sejujumlah 739 titik.

Hari kedua, KPU Kota Jogja akan mendistribusikan logistik ke 20 kelurahan di tujuh kecamatan, yang terdiri dari Gedongtengen, Gondokusuman, Gondomanan, Kotagede, Kraton, Mergangsan dan Ngampilan, dengan total TPS sejumlah 634 titik.

Baca jugaKPU Jogja Genjot Progres Verifikasi Data Pemilih

“Jadi berjenjang, dari KPU ke PPK, terus ke PPS dan terakhir TPS,” katanya, seperti dikutip dari HarianJogja.

Pendistribusian logistik, kata dia, dilakukan KPU Kota Jogja dengan menggunakan 11 unit truk. Di masing-masing TPS yang total berjumlah 1.373 unit, terdapat lima kotak suara. Dengan begitu total kotak yang didistribusikan adalah 6.886 kotak.

Selain surat suara, armada KPU juga mendistribusikan bilik yang berjumlah empat buah untuk setiap TPS, kartu identitas KPPS, template braile, alat tulis serta lem.

Sebagai upaya keamanan surat suara, KPU Kota Jogja bekerja sama dengan Polresta Jogja dan polsek setiap kecamatan. Termasuk saat logistik menginap satu malam di kelurahan dan pada saat hari pencoblosan, sampai dengan logistik kembali ke kecamatan.

Sementara terkait dengan surat suara yang rusak yang jumlahnya mencapai 2.521 lembar, Hidayat mengaku akan membakarnya pada H-1 pencoblosan.

“Akan kami bakar, Selasa [16/4/2019]. Lokasinya di gudang KPU Kota Jogja,” ucap dia. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id