Ternyata Begini Cara Pemkab Semarang Kendalikan Sampah Plastik

Mari berbagi

JoSS, UNGARAN – Terkait pengendalian sampah plastik, pemerintah kabupaten (pemkab) Semarang akan lebih serius menanganinya. Namun sebelum bergerak ke lingkungan masyarakat, pemkab perlu memulai lebih dulu di tingkat internal.

Hal ini seperti yang ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono. “Internal harus memulai dahulu sebelum pengendalian secara luas di masyarakat,” tegas Gunawan, seperti yang dilansir dari Republika.com, Minggu (31/3).

Untuk tingkat internal, pemkab menyiapkan surat edaran kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Semarang yang isinya mengurangi penggunaan plastik.

Gunawan mengungkapkan, imbauan untuk mendukung gerakan pengurangan penggunaan plastik belum lama ini sudah disampaikan kepada tiap-tiap SKPD. Seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Semarang agar mulai melaksanakan secara bertahap dalam mendukung gerakan pengurangan plastik tersebut.

Pada setiap kegiatan kedinasan, sudah ada anjuran untuk mengurangi penggunaan plastik.

Baca jugaMenkeu Janjikan Insentif Bagi Pemda Yang Mampu Kurangi Sampah Plastik

“Dan tak lama lagi surat edaran perihal ini akan segera disampaikan,” tambahnya.

Sekda juga menyampaikan, salah satu langkah konkret yang sudah rencanakan, dalam waktu dekat ini, bakal ada Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Jawa Tengah.

“Dalam undangan, saya berikan catatan agar seluruh pihak yang terlibat untuk membawa ‘gembes’ botol air minum sendiri,” ujarnya.

Demikian halnya ketika ada rapat kedinasan, ia telah mengeluarkan anjuran agar pelaksana memilih menyajikan makanan prasmanan lokal dengan alas daun. Artinya, tidak diperlukan lagi kardus makanan mau pun tempat/alas plastik untuk kebutuhan pendukung wadah konsumsi.

“Jika ini sudah terlaksana dan menjadi budaya di tiap-tiap SKPD, baru diperluas ke wilayah umum, dalam hal ini masyarakat Kabupaten Semarang,” terangnya.

Nantinya, kepada semua lapisan masyarakat Kabupaten Semarang, gerakan ini akan lebih ditegaskan lagi melalui Surat Edaran Bupati Semarang. Terutama untuk dunia usaha.

“Karena tidak hanya instansi pemerintahan saja yang harus mendukung gerakan pengurangan sampah plastik ini. Tetapi juga seluruh warga Kabupaten Semarang,” tegasnya.

Perihal tingginya produksi sampah plastik, sebelumnya, juga diamini oleh perwakilan Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas (Relinko) Kabupaten Semarang. Selama ini para relawan lintas komunitas aktif melaksanakan kegiatan ‘Safe Rawapening’ berupa gotong-royong membersihkan DAS sungai yang bermuara di danau alam Rawapening.

Sebagai gambaran, kegiatan terakhir yang dilaksanakan melibatkan 1.000-an relawan lintas komunitas, baik yang ada di Kabupaten Semarang maupun daerah lain di sekitarnya.ahkan juga pelajar serta Pramuka untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*