Pengamat: Dampak Ekonomi Dari Tol Trans Jawa Terjadi Bertahap

pengamat
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Pengamat ekonomi, Suyanto mengatakan, pembangunan infrastruktur merupakan investasi jangka panjang.  Sehingga dampak perubahan ekonominya dari pembangunan infrastruktur ini akan terjadi secara bertahap untuk waktu lama.

Sebagai contoh pengoperasian jalan Tol Trans Jawa. Keberadaan Jalan Tol Trans Jawa ini diyakini bisa memberikan dampak perubahan ekonomi daerah yang secara riil. Dan perubahan itu bakal terlihat dalam waktu delapan hingga sepuluh tahun ke depan.

“Seperti jalur Trans Jawa ini, kalau dilihat jangka menengah mungkin delapan hingga 10 tahun ke depan, bisa kita lihat perubahan riilnya. Sedangkan jangka pendek yang kelihatan hanya biaya transportasi lebih murah, dan efisiensi,” kata Suyanto, sesuai menjadi pembicara dalam East Java Economic Forum di Surabaya, seperti yang dilansir dari MadiunPos, Selasa (26/3).

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Surabaya itu menambahkan, pembangunan infrastruktur akan mendorong masyarakat untuk punya akses. Apalagi, masyarakat terutama anak muda milenial cenderung ingin punya usaha sendiri seperti startup dan inkubator.

Mereka akan lebih membutuhkan akses transportasi dengan perhitungan biaya tidak terlalu mahal.

Baca juga: Dampak Tol Trans Jawa Bagi Investasi Jateng Mulai Terlihat

Dia melanjutkan, dampak yang bakal terlihat dari keberadaan infastruktur tersebut adalah munculnya sentra-sentra industri baru, mulai dari sentra industri mikro, kecil, menengah dan besar.

Bahkan di wilayah timur seperti Banyuwangi saat ini sudah terjadi perubahan ekonomi karena dukungan infrastruktur bandara dan pelabuhan.

“Saya rasa pertumbuhan ekonomi kita tidak hanya membutuhkan peran pemerintah, tapi juga swasta dan akademisi bersama-sama ikut membangun perekonomian Jatim dan Indonesia secara keseluruhan,” imbuhnya.

Suyanto menjelaskan keberadaan Trans Jawa sendiri ke depan akan menemukan titik keseimbangan, yang berarti jalur tengah yang dulu masih akan tetap dilewati oleh masyarakat dan kalangan industri sesuai dengan kebutuhannya.

“Infrastruktur yang dibangun pemerintah adalah jalur alternatif, tentu saja tidak akan meniadakan yang sudah ada. Masyarakat bisa memilih mau lewat yang mana, bergantung tujuanya, jarak tempuh yang lebih dekat dan murah yang mana,” ujarnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, keberadaan Trans Jawa terutama di wilayah Jatim hingga saat ini belum terlihat dampaknya secara signifikan karena masih terlalu baru.

“Kami belum punya data untuk melihat dampak Trans Jawa ini. Mungkin tahun depan baru bisa terlihat data pertumbuhan daerah sekitarnya,” tuturnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*