OTT Lagi, Satgas KPK Amankan 8 Pejabat

Mari berbagi

JoSS, JAKA‎RTA – Tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total mengamankan delapan orang dalam kegiatan operasi ‎tangkap tangan (OTT), Rabu (27/3).

Delapan orang yang diamankan terdiri dari satu anggota DPR RI yang diduga berasal dari Komisi VI Fraksi Golkar berinisial BSP (Bowo Sidik Pangarso ), direksi BUMN dan swasta.

Dari pejabat BUMN, diduga berasal dari salah satu direksi PT Pupuk Indonesia, sedangkan unsur swasta diduga petinggi PT Humpuss Intermoda Transportasi (HITS).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan kedelapan orang tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK.

“Iya [delapan orang sedang diperiksa], di kantor KPK menjalani pemeriksaan,” kata Febri melalui pesan singkat, Kamis (28/3). Kendati demikian, dia enggan membeberkan nama-nama yang diamankan dengab alasan akan diumumkan pada konferensi pers hari ini.

Wasekjen Golkar Sarmuji mengaku belum ‎mengetahui pasti soal kader Golkar berinisial BSP yang diciduk lembaga antirasuah.

“Saya belum tahu,” jawabnya singkat.

Sebelumnya, KPK menduga dugaan tindak pidana suap dialirkan terkait distribusi pupuk melalui kapal. Dalam operasi senyap, KPK juga menyita uang pecahan rupiah, dolar AS dan sebuah mobil mewah sebagai barang bukti.

Baca jugaKetua PN Semarang Dicopot, Terkait OTT KPK ?

Sementara itu, Kepala Corporate Communication Pupuk Indonesia Wijaya Laksana mengatakan pihaknya akan mengunjungi KPK untuk memastikan informasi tersebut.  Pada Kamis (28/3) pagi, perseroan telah menggelar rapat koordinasi.

“Insya Allah siang ini [ke KPK],” ujarnya, seperti dikutip dari Bisnis.com, Kamis (28/3).

Wijaya mengatakan tak bisa lebih detail memberikan keterangan mengingat pihaknya turut menunggu keterangan resmi KPK.

“Nanti kami akan keluarkan pernyataan resmi,” Juru Bicara KPK Febri Diansyah sebelumnya mengatakan pihaknya menerima informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan tindak pidana suap.

KPK menduga dugaan suap dialirkan terkait distribusi pupuk melalui kapal.

“Jadi, kami menduga ada transaksi yang melibatkan sejumlah pihak terkait distribusi produksi pupuk,” ujar Febri.

Tim Satgas KPK kemudian menindaklanjuti dan mengamankan 7 orang di Jakarta.

“Dari sore sampai malam diamankan 7 orang. Ada direksi BUMN, dan pihak swasta,” katanya.

Namun, KPK mengkonfirmasi ada tambahan yang diamankan pada dini hari tadi yang berasal dari anggota DPR. Saat ini, semua yang terjaring tengah menjalani pemeriksaan intensif.  KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum bagi mereka. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*