Mau Nyobain Bubur Suweg? Mampirlah ke Exit Tol Ungaran

Bubur suweg
Bubur suweg | Foto: instagram bekraf
Mari berbagi

JoSS, UNGARAN – Pernah dengar bubur suweg? Jika belum, maka mampirlah di Festival Kuliner Tradisional di Exit Tol Alun-Alun Bung Karno Ungaran, Kabupaten Semarang.

Acara yang berlangsung sejak Jumat (15/3) hingga Minggu (17/3) ini diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk promosi ekonomi kreatif di sekitar tol Trans Jawa. Dalam agenda itu berbagai kuliner tradisional khas Ungaran disajikan di stand-stand yang terbuat dari bambu mirip lapak pedagang pasar tempo dulu.

Suweg adalah sejenis umbi-umbian yang biasa tumbuh di dataran tinggi. “Bubur Suweg ini khas Desa Indrakila, cuma ada di desa saya bubur ini. Kalau biasanya pakai candil, bubur ini pakai suweg,” ungkap Sriyatun, penjual bubur suweg kepada detikFood, Jumat (15/3).

Ia membawa sepanci besar bubur suweg dari rumah. Hingga sore, dagangan Sriyatun sudah hampir habis. Bubur suweg rasanya manis dan gurih, bubur berwarna cokelat itu begitu lumer di lidah. Seporsi bubur yang tersaji dalam mangkuk tanah liat itu dijual seharga Rp 5 ribu.

Baca juga: Tahu Pojok, Kuliner Legendaris di Magelang

“Panci saya ini ukuran 30 liter, sekarang sudah hampir habis. Tidak semua suweg bisa diolah, harus yang matang, tandanya pohon suweg yang sudah mati itu menandai suweg yang di dalam tanah sudah matang dan siap dipanen. Sebab salah memilih suweg dan keliru mengolah, pasti gatal di tenggorokan saat dimakan,” tandas Sriyatun.

Ditemui di lokasi acara, Singgih Kartono, selaku konseptor Festival Kuliner Ungaran mengakui potensi di Kabupaten Semarang cukup besar untuk dikembangkan. Hal itu ia buktikan dengan keberhasilan menggandeng komunitas pengusaha kuliner, perajin kesenian dan petani lokal di Kabupaten Semarang.

“Kegiatan ini terwujud karena upaya kreatif dan kolaboratif antara kami, Spedagi Movement bersama masyarakat. Kami percaya originalitas itu lahir dari lokalitas. Oleh sebab itu, kami sediakan enam puluh stand kuliner, kerajinan dan hasil pertanian semuanya penuh dan ramai pengunjung,” ujar Singgih.

Dari pantauan detikFood, beraneka ragam makanan khas Kabupaten Semarang tersaji di berbagai stand. Mulai dari Srabi Ngampin, Pecel Semanggi, Kopi Sirap Gunung Kelir, Pecel Wader khas Banyubiru, Nasi Goreng Jagung khas Jambu hingga Tahu Serasi Bandungan.

Soal harga, panitia sudah menentukan maksimum harga penjualan. Demikian juga dengan lokasi santap pengunjung, panitia menyediakan meja makan lengkap dengan kursi bambu, meja-meja itu tersebar di dalam ruangan dan di bagian halaman joglo Alun-Alun Bung Karno. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*