Jasa Marga Terapkan Pembayaran Tarif Tol Tanpa Berhenti Pada 2020

Jasa marga
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan penerapan multi lane free flow (MLFF) itu pada 2020. Dengan penerapan sistem tersebut pengendara tak perlu berhenti di gerbang tol untuk tapping kartu atau membayar biaya tol.

Corporate Communication and Community Development Grop Head PT Jasa Marga Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, tahun depan di gerbang tol tak akan ada mobil yang berhenti hanya untuk transaksi pembayaran tol.

Dia menambahkan sistem transaksi tol tanpa berhenti ini sudah banyak digunakan negara maju, dengan sistem itu pengendara tidak perlu lagi menghentikan mobilnya di gerbang tol.

Saat ini pihaknya sedang menguji sistem single lane free flow (SLFF) di Jalan Tol Bali Mandara. Sistem ini merupakan salah satu metode transaksi non tunai yang digunakan di jalan tol.

“Sekarang ini kami PT Jasa Marga sedang mengulang sistem single lane free flow (SLFF) di Jalan Tol Bali Mandara,” ujar Heru di sela perayaan ulang tahun ke-41 PT Jasa Marga di Rest Area 519 A, ruas tol Solo-Ngawi, Kecamatan Masaran, Sragen, Jawa Tengah, Minggu (17/3) seperti dirilis Merdeka.com.

Baca juga: Jasamarga Siap Ubah Trase Tol Malang-Pandaan Karena Penemuan Benda Kuno

Menurut Heru, SLFF merupakan pengembangan dari teknologi electronic toll collection (ETC). Seperti halnya MLFF, dengan sistem ini pengendara tidak perlu lagi menghentikan kendaraannya di gerbang tol. Mereka tidak perlu lagi melakukan tapping kartu seperti sekarang ini.

“Nantinya pembayaran tarif tol akan berlangsung otomatis berdasarkan identitas berupa stiker yang ditempelkan di mobil. Sensor itu terintegrasi dengan teknologi radio frequency identification (RFID) dan dedicated short range communications (DSRC),” jelasnya.

Bedanya, lanjut Heru, SLFF hanya berlaku di lajur khusus, sementara MLFF berlaku di semua lajur. Sehingga pengguna jalan tol bisa masuk dari mana saja.

Meskipun pembayaran tol non tunai dengan cara tapping kartu masih efektif diterapkan, namun sejalan dengan tuntutan zaman, kualitas layanan harus terus ditingkatkan. Pada usia ke 41 tahun ini, menurut Heru, PT Jasa Marga terus berupaya untuk memberikan karya terbaik untuk masyarakat.

“Sekarang ini persaingan semakin ketat, mau tidak mau kami harus meningkatkan kualitas layanan,” pungkas dia. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*