Gara-gara Percikan Api Pengelasan Garasi Bus Dedy Jaya Terbakar

PO Dedy Jaya
Puing bus di garasi PO Dedy Jaya yang terbakar | Foto: panturapost
Mari berbagi

JoSS, BREBES – PO Dedy Jaya tertimpa musibah. Garasi yang menampung bus di Desa Cimohong, Kecamatan Bulukamba, Brebes terbakar, Minggu (24/3). Kebakaran itu telah membakar enam bus dan dua di antaranya mengalami kerusakan parah, sedang empat lainnya rusak pada bagian belakang Berdasarkan info dari sejumlah saksi mata, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat kebakaran terjadi, sejumlah bus Dedy Jaya sedang dalam perbaikan. Sejumlah pekerja di bagian bengkel juga sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Tiba-tiba, dari dalam salah satu bus yang sedang diperbaiki, muncul api dan dengan cepat merembet keluar dan membakar bus lain yang juga sedang diperbaiki. Puluhan ban bekas juga tak luput dari api. Api dengan cepat membesar dan membakar atap bangunan. Dua bus mengalami kerusakan parah sedang empat lainnya rusak pada bagian belakang.

Sekitar 1,5 jam, tiga unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kebakaran. Mereka langsung menyemprotkan air ke titik api yang sedang menyala agar api tidak merembet ke bus-bus lain. Petugas sempat kesulitan memadamkan api. Mereka berjibaku menaklukan si Jago Merah yang semakin membesar. Api baru bisa dipadamkan setelah petugas menyemprotkan air selama satu jam.

Peristiwa ini sempat menarik perhatian ratusan warga sekitar. Apalagi, lokasi garasi berada di pinggir Jalur Pantura. Arus lalu lintas sempat tersendat karena sejumlah pengendara berhenti dan memperlambat laju kendaraannya. Mereka penasaran ingin melihat peristiwa kebakaran tersebut.

Baca juga: Korban Jiwa Banjir Bandang Sentani Capai 112 Jiwa

Menurut Manager PO Dedy Jaya, Ratno Robani, kebakaran ini diduga berasal percikan api las dari salah satu bus. Ada salah seorang pekerja sedang melakukan pengelasan dan secara tidak disadari memercik ke bagian busa kursi penumpang. Dari percikan itu, api membakar bagian busa kursi hingga membesar.

“Kalau menurut keterangan pekerja sini, api dari percikan las salah satu pekerja. Dia tidak menyadari, api membakar busa kursi bus dan membesar seperti ini,” kata Ratno Robani, seperti yang dilansir dari DetikNews, Minggu (24/3).

Akibat kejadian ini, PO Dedy Jaya dipekirakan mengalami kerugian sebesar Rp 500 juta. Sementara, kasus ini langsung ditangani petugas Polres Brebes. Beberapa pekerja sudah dimintai keterangan untuk mengungkap penyebab pasti kejadian ini. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*