Ditarget Selesai 2020, Pembangunan PLTGU Tambak Lorok Capai 20%

PLTGU
Direktur Utama Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani | Foto: bisnis indonesia
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Blok 3 Tambak Lorok Semarang sudah mencapai 20%. Nantinya, PLTGU blok 3 tersebut akan menyumbangkan listrik sebesar 779 Megawatt (MW).

Direktur Utama PT Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani mengatakan proyek pembangkit ramah lingkungan ini menelan anggaran sebesar Rp5,8 triliun.

“Alhamdulillah saat ini progresnya cukup baik sudah 20% untuk pembangunannya. Nantinya setelah jadi akan menambah pasokan listrik di Jawa Tengah,” ujar Sripeni di Semarang Rabu (20/3).

Sripeni menjelaskan, jika PLTGU lebih cepat beroperasi dibandingkan PLTU. Sebab PLTU membutuhkan waktu 8 sampai 12 jam untuk beroperasi, sedangkan PLTGU hanya butuh hitungan menit saja.

“PLTGU lebih efisien karena hanya dalam hitungan menit bisa langsung beroperasi. Beda jika dibandingkan PLTU yang butuh waktu 8 sampai 12 jam untuk beroperasi,” katanya, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Adapun, kapasitas listrik yang dihasilkan Indonesia Power UP Semarang saat ini sebesar 900 MW dari 2 blok yang tersedia. Sehingga, pihaknya merasa perlu untuk menambah satu blok lagi guna memperbanyak pasokan listrik.

Baca juga: Hendi Rintis Pembangunan Pembangkit Listrik Micro Hydro

Sebelumnya, Pelaksana General Manager PT Indonesia Power UP Semarang Eko Yuniarto mengatakan, pembangunan blok 3 sudah dilakukan sejak Februari 2018 lalu dan rencananya akan selesai Oktober 2020 mendatang.

Sementara itu, Manager Operasi Indonesia Power UP Semarang Doni Bakar menjelaskan, jika pembangunan blok 3 kali ini merupakan efisiensi. Efisiensi yang dimaksud adalah jumlah total bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan pembangkit dan menghasilkan tenaga listrik sebanyak 62%.

Saat ditanya apakah pengoperasian blok 3 nantinya akan menambah jumlah kontribusi Indonesia Power terhadap kebutuhan listrik di Jateng, Doni menyebut pihaknya belum menghitung secara detail.

Menurut Doni, apabila melihat pembangunan pembangkit di beberapa daerah seperti Batang, Cilacap dan Tanjung Jati, bisa terjadi dua kemungkinan.

“Kalau jumlah pasokan listrik pasti naik, tapi kalau ditotal kontribusi nanti lihat pembangunan pembangkit yang lain. Ada pembangunan pembangkit juga di beberapa daerah di Jateng, malah bisa turun persentase kontribusinya apabila semua pembangkit sudah jalan,” tuturnya. (lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*