200 WNA di Jateng Punya E-KTP, KPU : Kami Pastikan Tidak Masuk DPT

KPU
DPT Pemilu 2019 di papan pengumuman di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. | Foto: Joy/joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sekitar 200 warga negara asing (WNA) di Jawa Tengah diketahui mempunyai kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menjamin ratusan warga asing tersebut tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Komisioner KPU Jateng, Paulus Widiyanto mengakui dari ratusan warga negara asing (WNA) tersebut, beberapa diantaranya sempat masuk dalam DPT. Namun pihaknya langsung melakukan pencoretan.

“Memang ada yang terdaftar tapi itu sudah dicoret. Kita pastikan di Jateng bersih dari WNA yang masuk DPT,” tegas Paulus di Semarang, Rabu (6/3).

Paulus tidak menyebut pasti berapa WNA yang pernah terdata di DPT tersebut. Ia hanya menyatakan akan terus melakukan inventarisasi data WNA di Jateng. Penyisiran tersebut dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) masing-masing kabupaten/kota di Jateng.

“Memang belum semua Disdukcapil kabupaten atau kota menyerahkan data. Kemungkinan (WNA) bisa bertambah,” ujar dia.

Baca juga: WNA Punya KTP Elektronik Bisa Ikut Pemilu? Ini Penjelasan KPU

Paulus menambahkan hampir semua Disdukcapil di Jateng pernah mengeluarkan KTP elektronik untuk warga asing. Sampai saat ini, baru Kabupaten Sukoharjo yang tidak memberikan KTP untuk WNA. “Di Kota Semarang, Jepara, Kebumen ada, hampir semua daerah ada. Ada yang nihil di Sukoharjo. Tapi by name sedang kita minta. Kita cek per-DPT,” sambung dia.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Jateng, Sarwa Pramana, menyatakan masalah WNA yang memiliki KTP sebenarnya kewenangan Pemerintah Pusat. “Itu kewenangan Pusat, biarkan bergulir seperti apa. Sebenarnya itu masalah biasa saja,” kata dia.

Terlebih, lanjut Sarwa, jumlah warga asing di Jateng yang memiliki EKTP tidak banyak. Sehingga diyakini tidak akan mempengaruhi proses maupun hasilĀ  Pemilihan Umum 2019. “Belum terinfomasi dengan baik tapi jumlahnya tidak terlalu banyak,” tutur dia.

Bagi Sarwa ada hal lain yang lebih penting yang perlu diwaspadai di pelaksanaan tahapan Pemilu 2019. Adalah potensi bencana di Jateng. Cuaca ekstrim dan kondisi geografis di Jateng membuat tantangan tersendiri di penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Seperti lokasi gudang logistik perlu diwaspadai. Cuaca ekstrim ketika sampai ke gudang, perlu dievakuasi secara cepat,” terang dia.

Meski cuaca juga bisa mempengaruhi tingkat kehadiran pemilih namun Sarwa yakin partisipasi pemilih di hari H coblosan 17 April 2019 tetap tinggi. “Kami optimis mencapai di atas 70 persen,” pungkas Sarwa.(joy/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*