fbpx Press "Enter" to skip to content

Ternyata Segini Kandungan Gizi Pada Ikan Bandeng

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Masih dalam suasana Tahun Baru Imlek 2019. saat perayaan pergantian tahun, sebagian besar masyarakat Tionghoa berkumpul bersama keluarga di rumah orang tua.

Aneka kuliner disajikan dan kue khas imlek di sajikan. Ikan bandeng merupakan salah satu makanan yang biasa ditemui kala perayaan Tahun Baru Imlek dan terutama disajikan oleh warga Tionghoa di Jawa.

Umumnya ikan ini dikonsumsi utuh dengan kepala hingga ekor untuk menggambarkan awal yang baik dan akhir yang baik untuk tahun yang telah berlalu.

Alasan lainnya adalah karena unsur nama. Ikan dalam Bahasa Cina adalah “yu” yang jika dibaca sama dengan istilah “surplus” dalam Bahasa Cina.

Jadi, mengatakan “nian nian you yu” (setiap tahun memiliki ikan) sama dengan mengatakan “setiap tahun selalu berlebih”.

Namun di luar itu, tahukah kamu manfaat ikan bandeng untuk kesehatan? Ikan juga mengandung sejumlah protein yang sudah tidak perlu diragukan. Dalam 100 gram ikan bandeng terkandung 20 gram protein, juga terdapat lemak sebanyak 4,8 gram, serta energi sekitar 123 kalori.

Baca juga: Semangka Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Menariknya lagi, segudang nutrisi lainnya pun turut melengkapi kandungan ikan bandeng, seperti: Kalsium: 20 miligram (mg), Fosfor: 150 mg, Zat besi: 2 mg, Natrium: 67 mg, Kalium: 271,1 mg, Vitamin A: 45 mikrogram (mcg), Vitamin B1: 0,05 mg, dan Vitamin B2: 0,2 mg.

Bagi penggemar ikan bandeng presto, silahkan berbangga hati karena kandungan ikan yang telah diolah ini pun tak kalah bergizi.

Dengan memakan 100 gr ikan bandeng presto, kita akan memperoleh: Energi: 296 kalori, Protein: 17,1 gram, Lemak: 20,3 gram, Karbohidrat: 11, 3 gram, Kalsium: 1.422 mg, Fosfor: 659 mg, dan Zat besi: 1,9 mg.

Sama halnya seperti nutrisi pada ikan bandeng mentah, makan ikan bandeng presto juga menyumbang sejumlah vitamin A, vitamin B1, bahkan vitamin C.

Melihat begitu banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, tentu manfaat ikan bandeng paling utama yang bisa kita dapatkan adalah sejumlah nutrisi tersebut.

Namun tidak hanya itu saja, kebanyakan ikan bandeng biasanya diolah dengan cara presto, yang membuat penikmatnya bisa memakan seluruh bagian tubuh ikan.

Tak terkecuali tulang yang turut menjadi empuk sehingga bisa dimakan bersama daging ikan. Ini berkat proses pemasakan ikan bandeng melalui presto, yang memungkinkan seluruh bagian badan ikan bisa ikut termakan kecuali perut dan insang yang sudah dibuang sebelumnya. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id