Semangka Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

kulit dan rambut
Semangka | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Buah semangka memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Ini karena buah semangka kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh dan bermanfaat untuk kecantikan.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika buah ini kini sering dijadikan bahan untuk membuat masker alami. Bahkan menjadi salah satu bahan alami untuk produk perawatan kulit seperti toner, masker, lip balm dan lain sebagainya.

Ini karena kandungan yang ada di semangka ternyata mampu membantu dalam menangkal radikal bebas dan membantu untuk mencegah penuaan dini pada kulit kita. Selain itu, semangka juga bisa melembapkan kulit dan menangani masalah minyak berlebih pada wajah.

Dikutip dari Tempo.co, untuk mengatasi jerawat, coba pakai masker berbahan buah semangka, atau membuatnya sendiri dengan buah semangka alami. Dipercaya, kulit akan terasa segar dan jerawat pun bisa berkurang.

Nah kalau untuk masalah rambut, produk seperti shampoo atau masker berbahan semangka bisa membantu menangani kerontokan karena bisa membuat rambut tumbuh lebih subur, menyegarkan kulit kepala, mengurangi minyak berlebih pada rambut sehingga tidak lepek, dan menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala.

Buah bundar yang banyak airnya ini punya segudang manfaat lainnya buat tubuh di samping mengusir dehidrasi. Penasaran apa saja manfaat buah semangka yang lain? Inilah manfaat semangka untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Makin Ngetrend Ini Ampuhnya Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Bantu cukupi kebutuhan gizi harian

Buah merah bundar berkulit hijau ini termasuk rendah kalori, hanya 46 kalori per 150 gramnya.

Namun, semangka bergizi tinggi karena diperkaya oleh berbagai nutrisi penting sepertiVitamin C, vitamin A, Kalium, Magnesium, vitamin B1, B5, dan B6

2. Kesehatan jantung

Likopen adalah antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah ini juga mengandung citruline dan arginine yang sama baiknya untuk kesehatan jantung.

3. Menghidrasi tubuh

Buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh agar tidak kena dehidrasi.

4. Kesehatan rambut dan kulit

Siapa sangka kalau manfaat semangka baik untuk rambut dan kulit manusia? Vitamin A yang terdapat pada manfaat semangka membantu menjaga kulit dan batang rambut Anda tetap lembap. Selain itu, buah ini juga membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk untuk kulit wajah. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*