Pencalonan Kakak Raja Thailand Ubah Tatanan Politik Negara

Mari berbagi

JoSS, THAILAND – Pencalonan Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi, kakak sulung Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, dalam bursa perdana menteri pada pemilu mendatang dianggap dapat mengubah tatanan politik negara.

Analis politik dari Universitas Chulalongkorn, Thitinan Pongsudhirak mengatakan kabar ini begitu menggemparkan di kalangan warga kerajaan. Perubahan mendasar ini akan membentuk kontur dan dinamika politik di Thailand.

“Ini adalah perkembangan mendasar yang akan membentuk kontur dan dinamikan politik Thailand sebelum dan setelah pemilu,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (8/2).

Thitinan mulai menyadari potensi perubahan politik mengetahui pengusung Ubolratana, yaitu Thai Raksa Chart, partai besutan para loyalis mantan perdana menteri yang mengasingkan diri, Thaksin Shinawatra.

Saat menjabat, Thaksin dan para loyalisnya kerap dituding menentang monarki. Thailand sendiri sudah berdiri sebagai negara monarki konstitusional sejak 1932, di mana keluarga kerajaan memiliki pengaruh penting dan dapat menggiring opini jutaan warga.

Bentrokan antara para elite loyalis kerajaan di Bangkok dengan kaum populis pendukung Thaksin yang tersebar di daerah-daerah pinggiran pun tak terhindarkan.

Gesekan ini kian besar hingga menjadi bara pertikaian berkepanjangan, memicu kudeta militer yang dipimpin oleh Prayut Chan-o-cha pada 2014 lalu.

Baca jugaWat Chalong Vihara Terbesar di Thailand Jadi Favorit Wisatawan

Jika taktik mempersatukan darah kerajaan dan sipil ini berhasil, masa depan politik Thailand diprediksi dapat menjauh dari kekuasaan militer di bawah Prayut, yang juga maju dalam pemilu. Namun, sejumlah pengamat masih belum mengetahui kejituan jurus ini.

“Asumsi dan skenario yang sudah ada sebelumnya harus dipertimbangkan. Jika berhasil, akan ada proses rekonsilitasi dan persatuan,” tutur Thitinan.

Melanjutkan pendapatnya, Thitinan berkata, “Namun, jika ini tidak berhasil, justru akan ada risiko lebih besar terhadap masa depan politik Thailand.”

Sementara itu, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, menyatakan tidak sepakat dengan keputusan sang kakak, terjun ke dunia politik. Hal ini kemungkinan akan mengandaskan cita-cita sang kakak untuk melawan petahana, Prayut Chan o Cha.

“Keterlibatan anggota keluarga kerajaan dalam politik dalam bentuk apapun bertentangan dengan tradisi negara, tata cara, dan kebudayaan dan hal itu saya anggap sangat tidak pantas,” katanya dalam pernyataan yang diterbitkan istana kerajaan Thailand, seperti dilansir Reuters, Jumat (8/2).

Pencalonan Ubolratana ini diumumkan langsung oleh pengusungnya, Partai Thai Raksa Chart, partai besutan para loyalis keluarga mantan perdana menteri, Yingluck dan Thaksin Shinawatra.

“Seluruh keluarga kerajaan harus menaati aturan yang berlaku, dan tidak terjun dalam kegiatan politik, karena itu bertentangan dengan tujuan undang-undang dasar,” tulisnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*