fbpx Press "Enter" to skip to content

Megah, Gedung DPRD Sukoharjo Siap Tampung Hasil Pileg 2019

Mari berbagi

JoSS, SUKOHARJO ‚Äď Pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo di wilayah Kelurahan Mandan siap menampung anggota legislatif hasil Pemilu 2019, menyusul selesainya pembangunan gedung senilai Rp39,299 miliar itu akhir tahun lalu.

Plt. Sekretaris DPRD (Sekwan) Sukoharjo, Basuki Budi S mengatakan proses pembangunannya sudah selesai dan diserahkan kepada Pemkab pada akhir tahun lalu. Namun bangunan tersebut tak akan ditempati dalam waktu dekat ini. Rencananya, gedung wakil rakyat yang megah tersebut baru ditempati bersamaan dengan pelantikan anggota DPRD Sukoharjo hasil Pemilu 2019.

“Meski sudah selesai dibangun, memang tidak langsung ditempati. Kami masih harus mengisi sarana dan prasarana terlebih dahulu sebelum menempati,” katanya seperti dikutip dari Solopos.com Minggu (10/2).

Sarana dan prasarana itu di antaranya pengadaan mebeler untuk ruang paripurna. Mebeler tersebut tidak dapat memanfaatkan mebeler lama yang kini ada di ruang paripurna DPRD Sukoharjo.

Dia menambahkan mebel di ruang paripurna gedung baru didesain berbeda. Dia berharap pengadaan mebeler untuk ruang rapat paripurna di gedung baru selesai sebelum pelantikan anggota DPRD yang baru.

Dengan demikian gedung DPRD bisa mulai ditempati setelah pelantikan anggota DPRD hasil Pemilu Legislatif, April nanti. Hal ini sesuai arahan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya bahwa penempatan gedung DPRD bersamaan dengan pelantikan.

Baca juga: Logistik Pemilu Beres , Bawaslu : Simpan Di Area Bebas Banjir

Ihwal mebeler ruang lainnya seperti ruang sekretariat, ruang komisi, dan ruang fraksi akan memindahkan mebeler di bangunan lama sehingga tidak perlu mengadakan baru.

“Jadi, beberapa waktu lalu kami sudah melaporkan pada Bupati terkait pembangunan Gedung DPRD. Dari pertemuan itu ada instruksi untuk penempatannya dibarengkan dengan pelantikan anggota DPRD yang baru,” katanya.

Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto membenarkan penempatan gedung baru akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan legislator baru. Sekarang masih persiapan sarana prasarana khususnya untuk ruang paripurna karena memiliki desain berbeda.

Politikus PDIP itu mengatakan anggota DPRD periode 2014-2019 dilantik 8 September 2014. Berakhirnya masa jabatan tersebut mestinya 8 September 2019. “Pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024 kemungkinan besar akan dilakukan pada 8 September 2019,” katanya.

Setelah gedung baru ditempati, gedung lama lama di Jl. Veteran akan dirobohkan untuk perluasan Gedung Budi Sasono. Gedung baru DPRD menempati lahan seluas 14.963 meter persegi. Gedung baru tersebut dilengkapi fasilitas lift, taman, lahan parkir serta masjid. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id