fbpx Press "Enter" to skip to content

Lisus Rusak Puluhan Rumah di Kudus

Mari berbagi

JoSS, KUDUS ‚Äď Angin kencang memporak porandakan puluhan rumah di Kudus, Senin (11/2) sore. Sebanyak 34 unit rumah rusak diterjang angin kencang di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jateng sore tadi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Namun terdapat seorang warga luka ringan akibat terjatuh saat membenahi genting yang rusak akibat angin kencang. Warga bernama Widodo yang merupakan warga RT 5 RW 3 itu langsung dibawa ke Puskesmas Mejobo.

“Ada sekitar 34 unit rumah yang rusak kena angin kencang sore tadi,” kata Perangkat Desa sekaligus Kasi Pemerintahan Desa Temulus, Syakuri.

Hal ini disampaikan Syakuri di satu lokasi rumah yang rusak di Dukuh Karanggayam RT 4 RW 2 Desa Temulus, Senin (11/2).

Dari jumlah itu, 10 unit rumah rusak berat. Sisanya kerusakan ringan. Kerusakan berat yaitu sebagian besar genting beterbangan.

Satu di antaranya rumah milik Sunarto (56) di Dukuh Karanggayam RT 4 RW 2 Desa Temulus. “Jam 15.30 tadi sore, angin menyapu genting rumah. Pas tadi hujan bercampur angin. Atap ruang tengah, ruang depan, terbang kena angin,” kata Sunarto seperti dikutip dari detik.com.

Baca juga: Longsor di Tumpang Hendi Ingatkan Warga Lebih Waspada

Saat kejadian, dia sedang berada di musala dekat rumahnya, sedangkan istrinya sedang di dapur, dan anak-anak berada di depan rumah. “Tidak ada anggota keluarga yang kena,” ungkapnya.

Rumahnya yang berbentuk joglo itu kini rusak parah. Sebagian besar ruangan tak lagi beratap. Akibatnya sebagian besar sudut rumah basah kena hujan. Seisi rumah terlihat berantakan. Sebagian besar alat rumah tangga telah dipindah ke bagian rumah yang masih beratap utuh.

“Nggak ngungsi. Paling ke bagian rumah yang masih ada gentingnya,” ungkap Sunarto.

Hartono (39) warga Dukuh Karangmalang RT 4 RW 3, Desa Temulus mengaku asbes rumahnya rusak tertimpa genting yang beterbangan milik tetangga.

“Asbes rumah saya rusak. Sekitar 6 rumah tetangga, atap gentingnya beterbangan,” kata Hartono, warga lainnya.

Hartono juga mempersilakan wartawan mengambil gambar rumah tetangga yang rusak, dari lantai tiga rumahnya. Tampak sekitar enam rumah rusak pada bagian genting. Sejumlah petugas BPBD, dan warga bahu membahu memasang genting yang  berjatuhan.

Camat Mejobo Harso Widodo menjelaskan angin kencang terjadi di 6 titik RT dan RW di Desa Temulus. “Terjadi angin puting beliung di Desa Temulus di RT 4, RT 5, RT 6, RT 7, RW3 dan RW2 ,” kata Harso.(Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id