Ngesti Pandawa

KM Panorama Nusantara Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

terbakar
KM Panorama Nusantara terbakar | Foto: idntimes
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Kapal Roll On – Roll Of (RORO) KM Panorama Nusantara milik pelayaran PT Prima Vista terbakar saat docking di galangan PT. Jasa Marina Indah (JMI) pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (18/2) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Bidang Lalu Lintas Laut KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Nanang Afandi mengatakan Sumber api diduga dari ruang penumpang. Sementara itu penyebab kebakaran hingga kini masih dalam penyelidikan

Dia menambahkan api telah dapat dipadamkan dan tinggal pembasahan untuk tindakan pendinginan oleh mobil pemadam milik PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang.

“Hingga saat ini kebakaran itu sendiri masih dalam proses pendinginan kapal oleh mobil Pemadam Kebakaran PT Pelindo III,” ujarnya, Senin (18/2) sore.

Lebih lanjut dia menuturkan, pemadaman kebakaran itu melibatkan mobil PMK milik Pelindo III dua unit, mobil PMK milik Pemkot Senarang empat unit dan dibantu juga dua kapal Tunda milik Pelindo III KT Jayanegara 201 dan KT Jayanegara 304.

Seorang pekerja galangan kapal, Agus mengatakan kobaran api muncul pada bagian kanan lantai atas kapal. Akibat angin kencang, api itu secara mudah menjalar ke ruangan lantai penumpang.

“Api ada di kabin penumpang lantai atas, karena angin kencang maka api cepat merambat dengan kepulan asap yang pekat,” katanya.

Baca juga: BPBD Jogja Siapkan Logistik Antisipasi Erupsi Merapi

Agus mengatakan, saat kejadian, KMP Panorama Nusantara dalam perbaikan penggantian plat kabin kapal. Sementara ketika si jago merah melalap kapal. para pekerja sedang beristirahat.

“Kencangnya angin jadi cepat merambat. Petugas kebakaran sampai memecah kaca kabin untuk proses pemadaman,” katanya.

Sebanyak enam mobil pemadam kebakaran dan dua kapal pemadam dikerahkan memadamkan api. Setelahnya, api berhasil dipadamkan pada Senin sore.

Seorang korban yang ditangani petugas klinik First Aid pelabuhan Tanjung Emas akibat terkena pecahan kaca.

Dalam kejadian kebakaran kapal KM Panorama Nusantara tersebut mengakibatkan dua orang mengalami luka-luka yang telah dievakuasi tim First Aid pelabuhan Tanjung Emas yang kemudiqn segera diberi pertolongan pertama.

“Satu korban luka bakar dirujuk ke rumah sakit RSI Sultan Agung dan satu orang lakukan tindakan heacting di klinik First Aid dikarenakan luka robek kena pecahan kaca,” ujar petugas klinik.

Hasil dari pantauan dilapangan, masih dilakukan pendinginan terhadap kapal KM Panorama Nusantara hingga jelang magrib. Sedang dari kejauhan masih tampak asap tipis menyelimuti badan kapal. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*