fbpx Press "Enter" to skip to content

Kena Angin Duduk, Ini Yang Harus Dilakukan Segera

Senin, 18 Februari 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Angin Duduk atau yang dikenal dengan penyakit Angina Pektoris ini adalah kondisi dengan gejala nyeri di bagian dada yang diakibatkan kurangnya asupan oksigen dan darah yang akan menuju ke jantung.

Gejalanya sendiri mirip dengan orang yang terkena penyakit arteri koroner atau aterosklerosis yang mana dapat terjadi pada mereka yang memiliki tekanan kolestrol tinggi dalam darah atau adanya pembentukan plak pada jantung.

Dirilis Detik.com, biasanya orang yang mengalami penyakit ini akan merasakan nyeri di bagian dada secara tiba-tiba. Bahkan bisa saja terjadi pada mereka yang sedang duduk santai, istirahat, ataupun mereka yang sedang bepergian. Penyakit ini belum tentu dapat disembuhkan dengan cukup istirahat saja ataupun dengan minum obat. Jika Anda sering mengalami kondisi dengan jangka waktu yang cukup sering, maka sebaiknya segera lakukan tindakan medis berikutnya.

Penyakit Angina Pektoris dapat timbul akibat beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi kebiasaan Anda sebelumnya. Namun yang perlu Anda ketahui tentang penyakit ini adalah angin duduk bukanlah suatu penyakit khusus melainkan merupakan gejala dari adanya penyakit yang menyerang organ jantung. Dimana seseorang dapat mengalami penyakit ini dengan beberapa gejala yang ditimbulkan, seperti:

– Nyeri di bagian dada

– Merasa sesak dada

– Dada terasa berat hingga ke bagian punggung, bahu kiri, leher, dan lengan kiri bagian bawah

– Nyeri yang disertai tusukan

Baca jugaIni Lima Cara Sederhana Cegah Flu

– Terasa panas atau terbakar

– Bagian dada yang teras mencengkeram

– Tubuh berkeringat dingin

– Mual

– Pusing

– Sesak Nafas

– Merasa sangat lelah dan lemas

Saat seseorang terserang Angina Pektoris, maka jangan langsung panik. Anda bisa melakukan pertolongan pertama angin duduk pada orang yang mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan di atas. Berikut adalah langkah-langkah pertolongan yang bisa Anda lakukan pada orang yang terkena angin duduk:

Batuk Sekuat Tenaga

Cobalah untuk melakukan batuk sekuat tenaga. Anda bisa langsung mengambil nafas dalam-dalam dan cobalah untuk batuk seperti ketika ingin mengeluarkan dahak. Lakukan batuk setiap 2 detik sekali.

Gunakan Air Hangat

Air hangat dapat Anda masukan ke dalam botol kecil kemudian letakkan di bagian perut bagian depan.

Gunakan Minyak Angin

Minyak angin dapat Anda oleskan ke bagian punggung, dada, dan perut.

Konsumsi Obat Anti-Platelet

Obat Anti-Platelet merupakan jenis obat yang memiliki kemampuan untuk menghambat agregasi platelet. Di mana obat ini diyakini mampu membantu meredakan gejala angina.

Bawa Ke Dokter

Jika belum ada perubahan, sebaiknya langsung bawa penderita ke dokter terdekat. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id