Besok, 2019 Penari Reog Akan Atraksi Di Alun-Alun Ponorogo

Mari berbagi

JoSS, PONOROGO – Dinas Pariwisata Ponorogo akan menggelar atraksi reog masal. Sebanyak 2019 penari jathil (reog) akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagelaran tari dengan penari jathil terbanyak.

Kegiatan Gebyar 2019 Penari Jathil itu akan dilaksanakan pada Minggu (17/2) mulai pukul 14.00 WIB di Alun-alun Ponorogo sebagai rangkaian 10 top event tahun wisata Ponorogo 2019.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Ponorogo, Bambang Wibisono, mengatakan jumlah penari jathil yang akan ikut event tersebut ditargetkan 2019 sesuai dengan tahun penyelenggaraan even ini.

Dia menambahkan ribuan penari jathil ini melibatkan diikuti oleh pelajar dari 111 sekolah yang ada di Ponorogo. Lebih lanjut dia merinci jumlah tersebut terdiri dari 73 SMP negeri dan swata, 30 SMA/SMK negeri dan swasta, serta enam MTs dan dua MA yang ada di Ponorogo.

Bambang menuturkan sesuai dengan yang telah direncanakan event tersebut nantinya akan dihadiri seluruh kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se-Provinsi Jawa Timur.

Baca jugaRawan Longsor Aparat Tutup Jalur Trenggalek – Ponorogo Malam Hari

Hal ini sekaligus menandai penyambutan daerah ini sebagai tuan rumah dari agenda rapat koordinasi Kelapa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 38 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

“Kebetulan Ponorogo akan menjadi tuan rumah dari agenda rapat koordinasi kepala Disbudpar 38 kabupaten/kota se-Jatim,” kata Bambang dalam keterangan resminya yang dikutip dari laman resmi pariwisata.ponorogo.go.id, Jumat (15/2).

Selain itu, Gubernur Jawa Timur beserta jajaran Disbudpar Provinsi Jatim juga diharapkan bisa menghadiri event akbar pembuka tahun wisata Ponorogo 2019.

Gebyar 2019 penari jathil ini, kata Bambang, juga telah diajukan untuk dicatat sebagai rekor MURI.

“Kita sudah ajukan permohonan resmi dengan surat melalui e-mail, dan kita sedang menunggu balasannya. Tapi pada prinsipnya, melalui komunikasi secara lisan pihak MURI telah mengonfirmasi pemecahan rekor pada event ini,” terang Bambang.

Kegiatan akbar ini akan dilaksanakan pada Minggu (17/2/2019) di Alun-alun Ponorogo. Untuk setting tempat direncanakan tidak akan membatasi venue acara dengan pagar barikade karena jumlah penari yang begitu banyaknya.

Namun, Dinas Pariwisata mengimbau kepada penonton supaya secara mandiri menertibkan diri supaya tidak memakan ruang gerak para penari. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*