fbpx Press "Enter" to skip to content

Untuk Pertama Kalinya Raja Malaysia Turun Tahta

Mari berbagi

JoSS, MALAYSIA – Raja Malaysia Yang Dipertuan Agung Sultan Muhammad V dikabarkan turun tahta, Minggu (6/1). Ia turun tahta setelah munculnya sejumlah pemberitaan terkait pernikahannya dengan mantan ratu kecantikan Rusia.

Pengumuman dari pihak Kerajaan Malaysia itu keluar setelah Raja mengambil cuti dari posisinya sebagai Kepala Negara.

Keputusan Sultan Muhammad V menandai untuk pertama kalinya seorang raja turun tahta di negara berpenduduk mayoritas Muslim sejak Malaysia memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1957.

“Istana Nasional menginformasikan bahwa Keagungannya telah mengundurkan diri sebagai raja ke-15 yang berlaku 6 Januari,” menurut sumber dari pihak istana, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (6/1).

Akan tetapi pihak Istana tidak memberikan alasan apa pun atas tindakan raja berusia 49 tahun itu.

Ada tanda tanya atas raja yang naik tahta pada bulan Desember 2016 itu, terutama sejak dia mengambil cuti untuk perawatan medis pada November.

Laporan kemudian beredar secara online bahwa raja telah menikahi seorang mantan Miss Moskow di Rusia. Akan tetapi pejabat kerajaan di Malaysia sejauh ini belum mengomentari rumor tersebut.

Malaysia adalah monarki konstitusional, dengan pengaturan unik, tahta berpindah tangan setiap lima tahun antara penguasa sembilan negara bagian Malaysia.

Spekulasi menguat soal masa depan Sultan Muhammad V pekan ini setelah keluarga bangsawan negara itu dilaporkan mengadakan pertemuan khusus.

Sebelumnya sejumlah media memberitakan Raja Malaysia itu dikabarkan menikah dengan ratu kecantikan dari Rusia, Oksana Voevodina, setelah foto pernikahan mereka viral di media sosial.

Baca juga: Kabinet Pemerintahan Malaysia Setujui Penghapusan Hukuman Mati

Dilansir dari World of Buzz, 25 November 2018, pernikahan yang digelar di Rusia diisi dengan nuansa perpaduan tradisional Moskow dan Malaysia. Acara digelar di Barvikha Concert Hall di Moskow.

Dalam unggahan foto di media sosial, Yang Mulia Muhammad V terlihat mengenakan busana pengantin biru sementara mempelai wanita mengenakan gaun putih Rusia. Dalam foto lain terlihat Oksana mengenakan hijab. Selain itu, hidangan juga menyajikan rupa-rupa kuliner dan minuman tanpa alkohol.

Penikahan ini mengejutkan banyak orang, namun warga Malaysia mendoakan kebahagiaan mempelai.

Dilansir dari situs Malaysia, Hype, Oksana diyakini berusia 25 tahun dan menjadi Miss Moscow saat berusia 22 tahun pada 2015. Oksana mengalahkan 32 kontestan lain pada penganugerahan tanggal 9 Juni.

Dalam foto yang beredar di media sosial, Oksanan diyakini menjadi mualaf pada 16 April 2018 dan mengubah namanya menjadi Rihana Oxana Gorbatenko.

Meskipun foto-foto pernikahan Sultan Muhammad V dan Oksana viral di dunia maya, pihak Istana Diraja Malaysia belum memberikan pernyataan resmi terkait pernikahan ini. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id