Relawan Demokrasi Sosialisasikan Pemilu Tanpa Improvisasi  

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Relawan Demokrasi (Relasi) diharapkan tidak melakukan improvisasi saat bertugas membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang dalam mensosialisasikan Pemilu 2019. Mereka justru harus bertugas sesuai dengan arahan yang diberikan.

Menurut Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, kinerja pihaknya saat ini sudah dibantu oleh kehadiran Relawan Demokrasi yang sudah ada sejak Pilgub 2018 lalu. Sebanyak 55 relawan sudah siap bertugas usai diberikan Bimbingan Teknis (Bintek) usai dikukuhkan 23 Januari lalu.

“Kami berikan bintek agar mereka memahami apa-apa saja yang dapat diberikan kepada masyarakat. Selain bintek, mereka juga kita bekali dengan buku panduan karena sangat rawan jika mereka hanya berbicara tanpa landasan,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, Kamis (31/1).

Dijelaskan, KPU juga akan membekali relawan dengan specimen surat suara agar mereka dapat menunjukkan kepada warga jenis-jenis surat suara.

Selain jenis, juga peruntukkannya apa saja mengingat hanya surat suara untuk presiden dan DPD saja yang ada gambarnya sementara DPR RI, provinsi dan kota hanya berupa nama dan nomor.

Pihaknya berharap, relawan dapat menjelaskan kepada masyarakat agar bisa memahami urutan, metode pencoblosan. Dengan demikian, angka partisipasi pemilih sebesar 77% dapat tercapai serta bisa mengurangi angka kerusakan surat suara.

“Para Relawan Demokrasi ini sudah melalui tahap seleksi ketat dari awal jumlah peminat 250 orang dimana kami sudah lakukan wawancara serta meminta mereka menandatangani surat pernyataan agar netral selama 3 bulan bekerja,” tukasnya.

Baca jugaAgustina Wilujeng: Pemilu Damai Harus Diwujudnyatakan

Nanda menambahkan, para Relasi sangat dilarang bersinggungan dengan peserta politik semisal mengarahkan kepada salah satu paslon. Ia percaya relawan akan menjadi mercusuar sekaligus repeater resmi KPU dalam mensosialisasikan Pemilu 2019.

Ia memastikan akan ada sanksi hukum jika para relawan melanggar aturan ini. Terlebih mereka sudah sepakat menandatangani surat pernyataan bersikap netral.

“Pilgub kemarin Relasi sudah ada namun mungkin lebih ringan karena saat itu, kan pilihannya hanya dua. Sementara Pemilu 2019 ini banyak sekali pilihannya bahkan sampai 5 surat suara. Nanti jika specimen surat suara sudah ada, kami akan soalisasikan lagi,” tandasnya.

Relasi ini juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan PPK sehingga nantinya mereka dapat masuk ke kecamatan manapun.

Apalagi relawan ini berasal dari berbagai elemen seperti pemilih pemula, difabel, pemilih wanita, perwakilan keagamaan dan lain-lain.

KPU juga akan menjalin kerjasama dengan komunitas-komunitas lain untuk mensosialisasikan pemilu seoptimal mungkin.

Salah satunya yang sudah disiapkan adalah sosialisasi kepada Pertuni (komunitas tuna rungu) dimana nantinya akan disediakan video yang akan ditranslate dalam bentuk gerak dan suara agar mereka memahami. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*