Pohon Beringin Ratusan Tahun di Alun-Alun Wonosobo Tumbang

Alun-alun Wonosobo
Petugas kepolisian bersama dinas terkait membersihakn puing pohon tumbang di Alun-alun Wonosobo | Foto: instagram fokussaba
Mari berbagi

JoSS, WONOSOBO – Sudah berusia ratusan tahun, pohon beringin di kompleks Alun-alun Wonosobo yang dikenal sebagai  peneduh itu roboh lantaran sudah rapuh dimakan usia.

Pohon beringin itu roboh Minggu (20/1) sekitar pukul 09.00 WIB. Diduga akar pohon beringin peneduh tersebut sudah rapuh, lantaran usianya diperkirakan sudah ratusan tahun.

Beruntung, tidak ada korban luka mau pun jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, masyarakat diimbau tetap waspada beraktivitas di sekitar lokasi pohon beringin di kawasan Alun-alun Wonosobo tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun Suaramerdeka.com, pohon beringin tumbang setelah sebelumnya diguyur hujan deras dengan disertai angin beberapa hari terakhir.

Hal itu mengakibatkan kondisi akar yang rapuh menyebabkan sebuah pohon beringin peneduh Alun-alun Wonosobo itu tumbang. “Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Bermula pada saat kawasan Alun-alun Wonosobo diguyur hujan gerimis,” ujar Kasat Sabhara Polres Wonosobo, AKP Agus Priyono, saat dikonfirmasi.

Baca juga: Kondisi Darurat Tanggul Jebol di Kebumen Masih Mengancam

Pihaknya menduga, kondisi akar pohon sudah rapuh, sehingga tiba-tiba pohon beringin tersebut roboh. “Pohon beringin yang berada di Alun-alun Wonosobo roboh, tepatnya di pertigaan air mancur atau di daerah depan kantor BRI Wonosobo yang tumbang. Tumbangnya pohon tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Karena kawasan Alun-alun saat itu dalam keadaan sepi. Namun, arus lalu lintas di kawasan Alun-alun sedikit terganggu akibat robohnya pohon tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya berupaya menerjunkan satu pleton anggotanya membantu Polsek Wonosobo dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Kami turunkan satu pleton anggota Dalmas Polres Wonosobo untuk melakukan pembersihan pohon beringin. Dengan menggunakan satu alat pemotong pohon, kami berhasil menyingkirkan ranting untuk membuka arus lalu lintas di kawasan tersebut. Alhamdulilah korban nihil, karena kondisi alun-alun Wonosobo sepi setelah hujan gerimis sejak pagi,” tutur dia.

Pohon tumbang memang sempat menutup jalan dan menyebabkan arus lalu lintas di kawasan Alun-alun macet. Namun saat ini jalan sudah berhasil dibuka dan dilewati kembali. Kami mengimbau masyarakat agar selalu waspada karena musim hujan disertai angin kencang masih akan terjadi dan berpotensi menimbulkan bencana tanah longsor, angin kencang dan pohon tumbang. Kami akan berupaya merespon cepat kejadian kebencanaan di masyarakat, agar proses evakuasi cepat tertangani,” beber dia. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*