Minum Air Bawang Merah Bisa Redakan Gejala Asma

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Meski tak bisa disembuhkan, namun penyakit asma masih bisa diredakan. Salah satu yang paling populer digunakan turun-temurun oleh orang Indonesia adalah dengan minum air bawang merah.

Seperti dirilis Okezone, gejala asma muncul ketika saluran udara (bronkus) mengalami peradangan. Peradangan membuat saluran tersebut membengkak dan mengalami penyempitan.

Ketika saluran udara tersumbat, Anda akan sulit bernapas lega karena hanya ada sangat sedikit udara yang bisa masuk ke paru-paru. Lantas, apa peran bawang merah dalam pengobatan asma?

Bawang merah bisa dijadikan alternatif cara alami selain pakai obat dokter untuk membantu mengendalikan risiko kambuhan serangan asma.

Pasalnya, bawang merah diketahui mengandung antioksidan tinggi, yang termasuk vitamin C, sulfur, serta quercetin dan anthocyanin cyanidin.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dimuat dalam DARU Journal of Pharmaceutical Sciences menyebutkan bahwa kesemua jenis antioksidan ini saling bekerja sama mengurangi efek peradangan dalam tubuh, yang dapat melebarkan bronkus.

Selain itu, kandungan antiradang, antioksidan, antibakteri, dan antivirus dari bawang merah juga ditemukan mampu membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efisien untuk melawan infeksi yang terkait masalah paru-paru dan pernapasan.

Salah satu jenis senyawa antiradang terbaik yang juga ditemukan dalam bawang merah, yaitu thiosulphinate, bahkan dilaporkan sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan akibat serangan asma.

Demi mendapatkan manfaat bawang merah untuk asma, Anda hanya akan perlu meminum air rebusannya saja yang tentu sudah dicampur dengan bahan alami menyehatkan lainnya agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

Adapun bahannya adalah : 6-8 sdm madu, 300-350 gram gula merah, 2 buah jeruk lemon, dan 5-6 gelas air matang.

Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Ada pun caranya adalah :

1. Panaskan gula merah dalam panci menggunakan api sedang.

2. Masukkan bawang merah yang telah dicincang halus, lalu aduk sampai tercampur rata.

3. Tambahkan air matang, kemudian rebus sampai air sedikit berkurang.

4. Setelah semua campuran bahan mendidih, matikan api dan diamkan hingga agak dingin.

Masukkan air perasan jeruk lemon dan madu.

5. Simpan larutan dalam botol kaca.

6. Anda bisa meminumnya sebelum makan atau saat gejala asma dirasa akan kambuh.

Aturan minumnya: satu sendok makan penuh untuk orang dewasa, sementara satu sendok teh untuk anak-anak.

Yang perlu diingat adalah meski bawang merah dinilai cukup ampuh mengatasi gejala asma, bawang tidak bisa dijadikan obat mandiri untuk menyembuhkan asma.

Anda tetap perlu konsultasi dan mendapatkan pengobatan dari dokter, seperti inhaler, bronkodilator, atau obat minum. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*