fbpx Press "Enter" to skip to content

Maskapai Timur Tengah Masuki NYIA, Sultan: Optimis April Rampung

Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Maskapai Timur Tengah, Turki, hingga Thailand mulai menjajaki rute penerbangan langsung ke New Yogyakarta International Airport (NYIA). Sri Sultan HB X optimistis April 2019 Bandara Kulonprogo ini rampung.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan sejumlah maskapai dari Timur Tengah mulai datang untuk menjajaki kemungkinan mengisis slot penerbangan langsung.

Sementara itu, lanjutnya beberapa flight dari Asia Tenggara telah dipastikan mengisi slot penerbangan internasional di bandara yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo itu

“Kalau penjajakan memang sudah ada, beberapa dari Timur Tengah, Turki, juga Bangkok Thailand. Ini masih dibicarakan,” katanya seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (8/1).

Dia menambahkan, maskapai yang dipastikan bakal mengisi slot penerbangan internasional Bandara Kulonprogo untuk rute Malaysia dan Singapura yaitu pengalihan lima flight dari maskapai Air Asia dan Silk Air yang telah beroperasi di Bandara Adisutjipto saat ini, terdiri dua rute Kuala Lumpur dan tiga rute Singapura.

“Nanti lima flight ini April masuk ke Bandara Kulonprogo karena seluruh perangkat pendukung seperti imigrasi, bea cukai, karantina, sudah berkantor di Kulonprogo,” jelasnya.

Kemudian ada tambahan tiga flight yang saat ini statusnya pending karena keterbatasan slot penerbangan di Adisutjipto, yakni dua rute Singapura dan satu Kuala Lumpur.

“Nanti ketika April diarahkan ke Kulonprogo,” ujar Pandu.

Pandu menambahkan, ketika Bandara Kulonprogo sudah beroperasi maksimal maka akan memiliki kapasitas 300 flight per hari.

“Kalau minimum operasi sekitar 150 flight, jadi slot sangat memungkinkan untuk internasional. Apalagi Adisutjipto saat ini ada 11 parking stand, minimum nanti 23 di Kulon Progo, lebih dari cukup karena Adisutjipto sehari 188 slot,” terangnya.

Baca juga: Kereta Bandara Beroperasi Bersamaan dengan NYIA

Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat meninjau langsung progres pembangunan bandara Kulonprogo Selasa (8/1) mengatakan optimistis bandara baru dapat segera beroperasi pada April 2019 mendatang.

“Karena tiap hari selalu diverifikasi, jadi harapan saya target itu bisa dicapai, sehingga sesuai dengan kesepakatan [bulan April beroperasi] sudah bisa untuk penerbangan internasional,” katanya.

Meski demikian, Sultan mengingatkan kepada PT Angkasa Pura (AP) 1 dan PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku pelaksana proyek untuk tetap mengedepankan profesionalitas kerja. Ini penting, agar kualitas infrastruktur NYIA yang dikebut pembangunannya untuk membuka penerbangan internasional pada jadwal yang ditentukan tetap terjaga.

Dia tidak ingin, demi mengejar target, AP 1 dan PP mengesampingkan kualitas infrastruktur bandara.

“Harapan saya pada Bulan April yang jelas siap untuk pengoperasian penerbangan internasional, berarti sudah ada ruang yang bisa diselesaikan, karena harapan saya tempat transitnya bapak presiden [telah siap untuk meresmikan], sehingga mohon dalam pembangunan ini tidak ada alasan karena tergesa-gesa. Kita profesional saja, dan dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.

Beberapa hal yang menjadi sorotan Sultan terhadap kesiapan NYIA di antaranya adalah ketinggian landasan pacu pesawat yang harus benar-benar seimbang agar ketika memasuki musim hujan landasan tersebut tidak tergenang air.

“Biarpun mungkin waktunya pendek, jangan sampai nanti ketinggian landasannya tidak seimbang, ada air menggenang tidak ada alasan karena tergesa-gesa. Sehingga bangunan ini secara profesional harus kita selesaikan dengan baik,” ucapnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id