fbpx Press "Enter" to skip to content

Kereta Bandara Beroperasi Bersamaan dengan NYIA

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 6 Yogyakarta akan mengoperasikan kereta jalur dari dan menuju New Yogyakarta International Airport (NYIA) bersamaan dengan pengoperasiaon bandara tersebut yang rencananya dilakukan pada April 2019.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto layanan kereta sebagai salah satu akses menuju New Yogyakarta International Airport direncanakan beroperasi bersamaan dengan saat bandar udara baru di DIY tersebut dioperasionalkan.

“Kami akan buka akses hingga Stasiun Wojo terlebih dulu. Saat bandara beroperasi, kereta bandara juga siap dijalankan,” katanya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (26/12).

Menurut dia, jarak antara Stasiun Wojo dengan bandara baru tidak terlalu jauh sekitar 10 menit perjalanan menggunakan bus. “Nanti dari Stasiun Wojo akan disediakan bus atau `shuttle untuk menuju bandara,” katanya.

Eko menyebut, sudah ada kereta yang disiapkan untuk melayani penumpang yang akan menuju NYIA. “Direncanakan akan menggunakan rangkaian kereta Solo Ekspres terlebih dulu,” katanya.

Kereta menuju NYIA tersebut rencananya dapat diakses dari beberapa stasiun yaitu Stasiun Maguwo yang kemudian berhenti di Stasiun Tugu dan langsung menuju Stasiun Wojo.

Baca juga: Menengok Sawah Apung di Desa Nusadadi, Banyumas

Upaya pembebasan lahan untuk pembangunan jalur permanen kereta bandara hingga ke Stasiun Kedundang juga terus dilakukan. “Stasiun Kedundang terletak lebih dekat dengan bandara sekitar 6 kilometer,” katanya.

Eko menambahkan, jalur kereta bandara ke NYIA tersebut direncanakan juga akan menyambung ke Bandara Adi Sumarmo di Solo Jawa Tengah. Proses pembangunan NYIA terus dilakukan dan direncanakan bandara baru di Temon Kulon Progo tersebut sudah bisa dioperasionalkan mulai April 2019.

Sementara iru, Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan jalur kereta api ke NYIA dibuat jalur landed (menapak tanah). Jalur kereta api ini nantinya juga akan terhubung dengan kereta api di bandara Adisumarmo Solo.

Jalur kereta api dibuat dari stasiun Kedundang Kulon Progo langsung menuju ke terminal bandara. Jalur dari Kedundang ke Bandara tersebut jaraknya dipastikan tidak jauh.

Jalur tersebut disediakan oleh pemerintah sementara PT KAI menyiapkan kereta api dan operasionalnya.

“Itu landed saja di bawah, di tanah. Persoalannya memang lahan, kalau lahan siap sebenarnya nggak lama ya, karena itu kan landed bukan elevated ya, jadi tanah diolah cepat, nggak kurang dari setahun selesai,” katanya.

Kereta Api bandara di Kulon Progo ini akan menghubungkan kereta api di bandara Adisumarmo Solo sehingga ada konektivitas antar bandara. “Kereta sudah siap, tapi jalurnya dimungkinkan tahun depan, karena ini sedang penyelesaian tanah,” kata Edi. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id