Lulusan Kedirgantaraan Jogja Diminta Tangkap Peluang NYIA

Peluang
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Lulusan Sekolah Tinggi Tehnologi Kedirgantaraan (STTKD) Jogja diminta untuk lebih agresif menangkap peluang kerja menyusul rencana pengoperasian New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada April mendatang.

Kepala Humas Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Jogja, Indreswari Suroso mengatakan pembangunan bandara di Kulonprogo dinilai akan membuka peluang kerja bagi lulusan sekolah tinggi yang berbasis penerbangan di DIY.

“Sangat berpeluang bagi lulusan [beroperasinya NYIA]. Pada waktu General Manager Angkasa Pura menjadi pembicara seminar nasional di sini, dikatakan tenaga kerja yang dibutuhkan sekitar 15.000 orang. Jadi kami sudah siap,” katanya, seperti dikutip dari HarianJogja, Kamis (17/1).

Dia berharapkan, lulusan STTKD dapat menjadi bagian dari bandara baru tersebut. Termasuk para taruna yang berasal dari Kulonprogo yang sudah lulus maupun yang masih menjalani pendidikan saat ini. “Apa pun alasannya jangan sampai hanya jadi penonton,” ujar dia.

Indreswari mengungkapkan pada 2017 yang lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo juga memberikan beasiswa kepada 20 anak yang berasal dari Kulonprogo untuk dapat menjalani sekolah di STTKD dan disiapkan untuk bekerja di NYIA.

Baca juga: Kereta Bandara Beroperasi Bersamaan dengan NYIA

Komunikasi dengan Pemkab Kulonprogo maupun Angkasa Pura terus dilakukan STTKD. Menurut Indreswari, sejak ada kabar pembangunan bandara baru, mulai banyak taruna yang asli Kulonprogo belajar di STTKD.

Ditemui secara terpisah, Kepala Bagian Humas, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Jogja, Catur Sudarmadi mengungkapkan bandara baru otomatis akan membuka peluang kerja bagi para lulusan.

“Peluang kerja bagi lulusan kami pasti ada. Karena kami focus ke teknis, lulusan kami bisa bekerja di semua bandara. Pendidikan di STTA lebih menitikberatkan ke teknis perawatan pesawat,” jelas Catur.

Meski belum ada kerja sama secara khusus dengan Angkasa Pura, tetapi menurut dia, tetap ada peluang besar bagi lulusan STTA untuk bekerja di NYIA. Menurut Catur, sekolah sudah menyosialisasikan tentang beroperasinya NYIA pada April nanti.

“Kami juga selalu memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk menjaga kondisi kesehatan, lantaran tidak hanya dari segi akademis untuk dapat bekerja dengan baik di bandara,” kata Catur. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*