KPU Semarang Pastikan Gudang Logistik Babas Banjir

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang memastikan jika gudang logistik mereka di Jalan Yos Sudarso bebas dari banjir. Gudang ini dipergunakan untuk menyimpan peralatan pemilu seperti kotak suara, bilik suara, formulir, dan Alat Tulis Kantor (ATK).

Menurut Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, pihaknya menggunakan dua gudang untuk penyimpanan logistik. Satu gudang lagi akan dipergunakan untuk menyimpan khusus surat suara.

“Letaknya berdekatan, ada di belakang gedung pertama ini,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, belum lama ini.

Dijelaskan, pihaknya tidak lagi menggunakan gudang KPU yang ada di Ronggolawe dan Brotomulyo. Pasalnya, dua gudang itu dinilai lebih rawan banjir.

Selain itu, dua gedung logistik yang baru ini letaknya berdekatan sehingga mempermudah koordinasi dan pengawasan.

Adapun peralatan pemilu yang sudah didapatkan dari KPU RI di antaranya kotak suara, bilik suara, dan formulir.

“Kami masih menunggu surat suara. Diperkirakan, surat suara akan tiba 30 hingga 40 hari sebelum pelaksanaan pesta demokrasi. Adapun jumlah kotak suara 22.731 buah, sementara bilik suara yang terbuat dari duplex berjumlah 10.304 bilik,” tukasnya.

Nanda menegaskan pihaknya rutin melakukan perawatan terhadap logistik yang sudah tersimpan di gudang tersebut demi menjaga dari serangga dan jamur.

Baca jugaSeleksi Calon Anggota KPU Kota Semarang Digugat

Langkah lainnya adalah meletakkan pallet kayu setinggi kurang lebih 10 cm di dasar lantai agar kardus duplex tidak mudah lembab.

Adapun antisipasi hujan, KPU Kota Semarang telah melakukan simulasi untuk memastikan gudang tersebut aman dan tidak bocor.

Sedangkan antisipasi kebakaran pihaknya telah menyiapkan alat-alat pemadam kebakaran dan memastikan listrik dalam keadaan aman.

“Kami juga tidak memperbolehkan merokok di dalam gudang karena sebagian besar logiatik ini berbahan kertas serta akan melengkapi pengamanan dengan kamera pengawas,” paparnya.

Wakil Kepala Polrestabes Semarang AKBP Enriko Sugiharto Silalahi menambahkan pihaknya menempatkan 3 personel untuk menjaga gudang bersama 3 pegawai KPU. Pengamanan akan dilakukan selama 24 jam penuh dengan sistem shift.

“Kami juga menambah jam patroli baik dari Polrestabes maupun dari Polsek Semarang Utara,” tandasnya.

Ketua Bawaslu Kota Semarang M Amin mengatakan, gudang KPU Kota Semarang sejauh ini dapat dikatakan aman. Lokasinya berada diatas rata-rata sehingga dimungkinkan tidak akan terkena banjir rob. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*