fbpx Press "Enter" to skip to content

Kenali Perbedaan Penyajian Kopi Agar Tak Keliru

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kopi sudah menjadi gaya hidup bagi penikmatnya, bahkan beberapa kalangan masyarakat merasakan ada yang kurang dalam hidup jika mengawali hari tanpa minum secangkir kopi. Beberapa ragam kopi yang secara umum disajikan di Indonesia diantaranya adalah Espresso, Latte, Cappuccino serta Mocha.

Tak ayal, jenis minuman ini mempunyai banyak sekali penggemarnya di Indonesia. Tapi, apakah tahu bedanya Espresso, Latte, Cappuccino serta Mocha? Intip yuk resepnya masing-masing seperti dirilis Tempo.co.

1. Espresso

Espresso merupakan kopi yang pekat dan berwarna hitam serta kental sekali dalam penyajiannya. Umumnya, espresso mempunyai rasa yang sangat kuat khas kopi hitam. Cara meminum espresso yang baik dan benar adalah dengan meminumnya tanpa mencampurinya dengan gula ataupun dengan susu.

2. Latte

Banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan antara latte dan juga cappuccino. Secara umum, Latte merupakan espresso dengan kombinasi susu yang telah dihangatkan dengan cara dikukus menggunakan uap air.

Cafe latte adalah campuran antara espresso dengan sejumlah susu cair dengan perbandingan 1 berbanding 2. Itu artinya, 1/3 bagian dalam gelas tersebut adalah kopi, sementara 2/3 nya adalah susu cair.  Walaupun ada juga yang mengatakan bahwa secara lebih spesifik, perbandingan dari sebuah latte adalah 2/6 espresso, 3/6 susu cair, serta 1/6 foam atau busa susu.

Hal tersebut membuat latte mempunyai rasa kopi yang lebih ringan dari cappuccino. Kalau menambahkan cokelat cair kedalam minuman tadi, maka hasilnya adalah jenis mocha.

Baca jugaMinum Kopi Turunkan Risiko Kanker

3. Cappuccino

Cappuccino merupakan sajian kopi yang sangat popular di Negara Italia. Minuman ini biasanya diminum pagi hari saat sedang bersantai di halaman rumah dan melihat pemandangan di sekitar rumah. Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan juga busa susu diatasnya. Karena busa susu yang menutupi kopi tersebut menyerupai sebuah topi (cap) maka minuman tersebut dinamai dengan cappuccino.

Minuman cappuccino ini seringkali disamakan dengan latte, padahal mereka berdua adalah dua minuman yang berbeda. Biasanya, cappuccino merupakan minuman yang dibuat dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 susu cair dan 1/3 busa susu. Harus tepat, tidak boleh lebih satu dari yang lain.

4. Mocha

Sedangkan mocha adalah minuman yang pada dasarnya merupakan gabungan antara kopi dan juga cokelat. Namun, ada beberapa varian cokelat yang biasanya dicampur dalam minuman mocha ini.

Beberapa mocha menggunakan sirup cokelat sementara di kedai lain menggunakan cokelat bubuk. Cokelatnya pun bervariasi, Anda dapat menggunakan cokelat putih maupun dark chocolate untuk dicampurkan kedalam mocha. Akan menjadi lebih sempurna saat di atas minuman tersebut disemprot dengan whipped cream. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id