Kadin Keluhkan Kenaikan Tarif Surat Muatan Udara

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Semarang mengeluhkan kenaikkan tarif Surat Muatan Udara (SMU) oleh sejumlah maskapai penerbangan. Hal ini dinilai akan memukul para Usaha Menengah kecil Mikro (UMKM) pascapenerapan biaya bagasi dalam beberapa kepan terakhir.

Untuk diketahui, SMU adalah Surat Tanda Terima (airway bill) yang berupa dokumen yang tercetak, melalui proses elektronik, kata lainnya adalah merupakan bukti fisik adanya perjanjian untuk pengiriman via udara antara pihak pengirim kargo dan pengangkut, dengan wewenang hak penerima kargo untuk mengambil kargo.

Ketua Kadin Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, kenaikan SMU tersebut berdampak sangat berat bagi pelaku UMKM kota ini lantaran pembelian produknya menjadi sepi.

“Efek dominonya nanti juga akan dirasakan pelaku UMKM, yakni mereka yang memporduksi oleh-oleh ataupun menjual oleh-oleh, karena daya beli wisawatan turun dengan tingginya biaya bagasi atau kargo,” katanya, Senin (28/1) seperti dikutip dari Bisnis.com.

Baca jugaProduk UMKM Ditampung di NYIA, Dinkop Jogja Lakukan Seleksi

Arnaz mengatakan, saat ini beban naiknya tarif SMU tersebut memang masih bisa diakali dengan pengiriman melalui jalur darat. Namun demikian tentu hal itu tidak akan bisa menjadi solusi jangka panjang.

“Salah satunya lewat transportasi darat untuk menekan biaya bagasi, namun kalau jangka panjangnya belum tahu nantinya akan berimbas seperti apa,” ucapnya.

Dia menyebutkan, saat ini Kadin Kota Semarang sendiri membawahi sebanyak 500-an pelaku UMKM. Dengan jumlah sebanyak itu pihaknya berharap agar ada kebijakan lebih lanjut oleh Pemerintah Pusat terkait dengan harga tiket pesawat sekaligus harga SMU dan harga bagasi.

“Tentunya harus ada solusi melalui kebijakan pemerintah, agar dampaknya tidak kepada UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah, Bambang Mintosih menambahkan jika penambahan biaya bagasi, sekaligus kenaikan SMU yang dilakukan oleh maskapai penerbangan dipastikan akan berdampak pada omset penjulan pusat oleh-oleh.

“Harus ada kajian ulang tentang pembebanan bagasi bagi penumpang pesawaat, jika terus dilakukan ditakutkan akan berimbas pada sektor UMKM dan pusat oleh-oleh ditempat wisata. jika dilanjutkan orang akan males belanja, ini yang bahaya mereka ngga akan beli oleh-oleh,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*