Ira Koesno, Pernah Kena Sanksi Saat Era Soeharto Soal ‘Cabut Gigi’

ira koesno
Ira Koesno | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ira Koesno kembali tampil di layarkaca sebagai salah satu moderator pada debat perdana Pilpres 2019 bersama rekannya Imam Priyono.

Nama Ira Koesno cukup familiar di dunia pers Indonesia. Tak banyak yang tau, dia juga pernah ditunjuk untuk menjadi moderator dalam debat Pilpres pada 2004, saat pertama kalinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat sebagai tahapan konstelasi pemilihan pemimpin Indonesia.

Ira mengawali kariernya sebagai akuntan namun ia beralih profesi menjadi jurnalis Liputan 6. Ira sempat memicu kontroversi saat menjadi penyiar di stasiun televisi itu. Ini terjadi pada 17 Mei 1998 beberapa hari sebelum kejatuhan Presiden Soeharto.

Saat itu Ira Koesno mewawancarai Menteri Negara Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja.

Dalam wawancara itu, muncul istilah “cabut gigi” yang merujuk permintaan terhadap turunnya Soeharto saat Orde Baru di pengujung kuasa. Untuk mengobati pemerintahan yang sedang ‘sakit gigi’, perlu dicabut giginya yang sakit, kata Sarwono kala itu.

Gigi yang sakit itu merujuk pada Presiden Soeharto yang dianggap tidak mampu lagi mengembalikan kestabilan kondisi pemerintahan Indonesia. Akibat tayangan ini, Ira Koesno pun diberi sanksi.

Baca juga: Titiek Soeharto Lompat Dari Golkar Ke Partai Berkarya

Meski sempat mengalami kepahitan dalam dunia pers, karier Ira tetap berlanjut dan semakin baik. Buktinya, tahun 2004 saat debat pilpres pertama di Indonesia digelar, Ira ditunjuk oleh KPU untuk menjadi moderator.

Setelah saat itu, namanya seketika tak tersentuh media. Ternyata dia membuat jasa konsultan bernama Irakoesno Communications.

Wanita kelahiran Jakarta, 30 November 1969 ini adalah anak dari Koesno Martoatmodjo dan Sri Utami. Ia lebih diikenal dengan panggilan Ira Koesno ketimbang nama panjangnya Dwi Noviratri Martoatmodjo.

Usai lulus kuliah dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Ira Koesno bekerja sebagai akuntan di Auditor KPMG Hanadi Sujandro, sebuah perusahaan akuntan publik, saat umurnya menginjak 25 tahun. Selang setahun, Ira Koesno akhirnya memilih banting stir.

Pada tahun 1996, ia melamar ke SCTV menjadi wartawan. Ia mengaku sangat senang dengan dunia barunya tersebut karena selain suka bidang finansial, Ira pun mengaku suka dunia tulis menulis. Ira beralih profesi sebagai wartawan pada usia 26 tahun.

Sebagai jurnalis, Ira Koesno telah meliput berbagai peristiwa baik, dari yang biasa sampai yang luar biasa. Putri bungsu dari dua bersaudara ini berani terjun langsung meliput peristiwa darurat militer di Aceh.

Ira Koesno makin berani dan kritis kepada narasumber yang diwawancarainya dengan melontarkan pertanyaan-pertantaan secara lugas, tegas, dan cerdas. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*