Ini Fakta Kerokan Yang Dipercaya Sembuhkan Masuk Angin

masuk angin
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kerokan adalah hal yang umum dilakukan masyarakat Indonesia ketika masuk angin. Kerokan dipercaya dapat meringankan gejala masuk angin. Banyak masyarakat lebih memilih kerokan dari pada minum obat.

Dirilis Tribunnews.com, ternyata teknik kerokan yang dipercaya bisa sembuhkan masuk angin ini juga ada di China. Kerokan itu sendiri merupakan teknik tradisional yang berasal dari China dengan nama teknik gua sha.

Berikut fakta yang harus anda tahu:

1. Manfaat kerokan

Gua sha atau kerokan, seperti yang kita tahu adalah mengikis bagian atas kulit kita.

Tujuan sebenarnya adalah untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita dengan cara membuat energi atau chi kita mengalir lancar kembali.

Nah, karena bisa melancarkan sirkulasi darah, berbagai macam penyakit ringan hingga berat sekalipun sebenarnya bisa disembuhkan dengan kerokan.

2. Menimbulkan rasa enggak nyaman

Pada dasarnya, kerokan atau teknik gua sha enggak membuat orang kesakitan. Ini karena gua sha enggak asal-asalan memakai koin atau barang tajam lainnya.

Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Namun orang Indonesia biasanya memakai koin yang lebih besar peluangnya bikin kulit kita terasa sakit. Walaupun begitu, sehabis kerokan, biasanya memang bakalan ada memar pada kulit kita.

Memar yang ada biasanya disebut dengan microtrauma, respon wajar kulit kita saat adanya benda asing mengikis kulit. Nah, memar yang dihasilkan dari kerokan ini yang bikin kulit kita terasa sakit.

3. Kerokan juga punya resiko

Kerokan menyebabkan pembuluh darah di dekat kulit menjadi pecah, sehingga meninggalkan warna merah atau keunguan. Saat sedang berwarna kemerahan atau keunguan tersebut, kita harus menjaganya dengan baik.

Kalau enggak, bisa jadi rasa sakit yang cuma kita rasakan. Bahkan, kulit kita bisa bengkak-bengkak, berdarah, dan infeksi.

Untuk itu, coba kompres bagian yang dikerok dengan es batu sehingga memarnya bisa cepat menghilang. Pastikan juga untuk selalu mensterilkan barang yang kita gunakan untuk kerokan, ya!

4. Enggak cocok buat semua orang

Kalau merasa apa-apa bisa disembuhkan dengan kerokan, pikir lagi. Karena ternyata, kerokan enggak cocok buat semua orang.

Kalau kita punya kulit yang tipis, gampang berdarah, punya infeksi kulit, atau meminum obat yang bisa mengencerkan darah, sebaiknya kita enggak kerokan, deh. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*