Baru Diresmikan Jalan Tol Pemalang – Batang Retak

Tol Pemalang – Batang
Jalan Tol Pemalang – Batang alami keretakan | Foto: detik
Mari berbagi

JoSS, BATANG – Belum sebulan diresmikan Jalan Tol Pemalang – Batang alami keretakan di KM321. Jalan bebas hambatan yang dikelola PT Pemalang Batang Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya Toll Road ini, mulai beroperasi pada 20 Desember 2018 lalu.

Melansir Antaranews.com, Jumat (18/1) ruas jalan yang mengalami keretakan itu berada di KM 321 tepatnya di Desa Kalangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Panjang retakan sekitar 50 meter.

Yeni Tari Wibowo, warga Desa Kelangdepok mengatakan selain mengalami keretakan, penahan ruas tol di sisi kanan dan kiri juga mengalami longsor yang mengakibatkan aspal di tepi jalan tol berlubang.

“Saat hujan lebat penahan ruas tol longsor dan tanahnya menimbun jalan desa. Namun saat itu warga cepat bertindak dengan menghubungi pihak tol,” katanya, seperti dikutip dari Tribunjateng.com.

Sementara itu, Humas PT Sumber Mitra Jaya (SMJ) Dahmanhuri selaku kontraktor di ruas tersebut mengatakan telah melakukan penanganan dengan memindahkan longsoran tersebut. Selain itu pihaknya akan membuat penahan jalan, kemungkinan akan dilakukan pengecoran kembali, sedangkan retakan akan ditambal.

“Longsoran tanah yang menutupi jalan desa sudah kami pindahkan. Dan kini kami masih menangani kerusakan pada ruas tol kilometer 321,” jelasnya.

Baca juga: Warga Ngaliyan Tuntut Dibuatkan Akses Ke Tol Semarang – Batang

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu membenarkan terjadinya keretakan di ruas tol Pemalang-Batang, sejak Rabu (16/1) lalu. Namun pihaknya mengatakan keretakan hanya sekitar 3 meter, bukan puluhan meter.

“Yang rusak hanya tiga meter, bukan 20 atau 50 meter seperti diberitakan,” kata Alex seperti dikutip dari Kompas.com.

Menurut Alex, retaknya jalan bebas hambatan itu disebabkan derasnya hujan. “Karena hujan terus menerus, air meluap, menggerus tebing hingga longsor,” sambung Alex.

Saat ini, ia menambahkan, langkah perbaikan tengah dilakukan dengan memberikan proteksi pada tebing oleh badan usaha jalan tol (BUJT), PT Pemalang Batang Toll Road dengan kontraktor PT Sumber Mitra Jaya (SMJ).

Tol Pemalang-Batang dirancang sepanjang 39,2 kilometer dengan nilai investasi Rp 7,5 triliun. Tol ini terdiri atas dua seksi. Seksi 1 memiliki panjang 23,3 kilometer, sedangkan Seksi 2 Pekalongan-Batang memiliki panjang 15,9 kilometer. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*