Banjir, Puluhan Pasien RSUD Batang Dievakuasi

Mari berbagi

JoSS, BATANG – Hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir di Kabupaten Batang dan Pekalongan. Rumah Sakit Umum Daerah Kalisari Kabupaten Batang terendam banjir hingga 70 cm, puluhan pasien dievakuasi.

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Kalisari Kabupaten Batang Samuri di Batang mengatakan puluhan pasien yang berada di lantai satu ruang Lily, Flamboyan, dan Mawar dievakuasi ke tempat yang lebih aman karena beberapa ruang rumah sakit yang berada di lantai bawah terendam banjir, Minggu (27/1).

“Semua ruangan rumah sakit di lantai satu terendam banjir dengan ketinggian 70 sentimeter sehingga para pasien harus kami pindahkan ke lokasi yang aman,” katanya.

Ia mengatakan hujan deras yang terus mengguyur wilayah Batang sejak Sabtu (26/1) malam mengakibatkan ruangan pasien terendam banjir hingga 70 cm dan pada Minggu (27/1) sudah surut menjadi sekitar 60 cm.

“Oleh karena, sekitar 50 pasien yang berada di lantai 1 kita evakuasi di lantai dua. Alkhamdulillah pada Minggu siang ini sudah sedikit surut,” katanya, seperti dikutip Antara.com.

Menurut dia, dengan banyaknya pasien yang harus dievakuasi mengakibatkan ruang RSUD yang berada di lantai 2 sehingga mereka ditempatkan di lorong atau selasar.

“Akibat semua pasien yang berada di ruang lantai 1 kita evakuasi ke lantai dua maka ruangan yang ada tidak cukup sehingga terpaksa ditempatkan di selasar atau lorong Rumah Sakit. Ini karena kondisi sangat darurat,” katanya.

Pasien Wahyudi Prasetyo mengatakan dirinya tidak keberatan ditempatkan di selasar rumah sakit karena keadaan darurat dan tidak kebagian tempat lagi.

Baca juga59 Meninggal dan 3.481 Orang Mengungsi Banjir Longsor Sulsel

“Para pasien dievakuasi mulai Minggu dinihari. Kami sebelumnya di ruang Lily dan dipindahkan ke ruangan darurat,” katanya. Hingga saat ini, hampir semua ruangan RSUD Kalisari Batang yang berada di lantai 1 terendam banjir.

Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten dan Kota Pekalongan, serta Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sejak Sabtu (26/1) malam hingga Minggu pagi (27/1), menyebabkan tiga daerah di Keresidenan Pekalongan ni terendam banjir.

Di Kabupaten Batang, ribuan rumah terendam banjir, antara lain di Kelurahan Proyonangan Tengah, Kauman, Karanganyar, Watusalit, Desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Klidang Lor, dan Klidang Wetan.

Ketinggian air bah di sejumlah wilayah kelurahan dan desa di Batang mencapai hingga sekitar 1 meter sehingga ratusan warga mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Adapun banjir yang melanda Kota Pekalongan, terutama di Kecamatan Pekalongan Utara, menyebabkan hampir semua wilayah kelurahan terendam air, seperti Kelurahan Panjang Wetan, Kandang Panjang, Bendan, Bandengan, dan Pabean.

Banjir juga merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Pekalongan, antara lain Desa Wonokerto, Jeruksari, Tirto, dan Kajen.

Selain merendam ribuan rumah ini, banjir yang melanda di wilayah kabupaten dan kota itu mengakibatkan arus lalu lintas di jalan pantai utara tersendat karena kondisi jalan tergenang air. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*