COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

130.718

132.816

2%

Kasus Baru

1.942

2.098

8%

Update: 13 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

5 Kota Pilihan untuk Menikmati Liburan Imlek

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Beberapa kota di Indonesia terkenal akan festival atau lokasi khusus untuk merayakan Imlek. Semua orang dapat ikut serta dalam perayaan ini, sekadar merasakan pengalaman merayakan Imlek atau berburu foto humanis.

Berikut adalah 5 destinasi di Indonesia yang cocok dikunjungi saat perayaan Imlek seperti dirilis Kompas.com

1. Jakarta

Menyambut Imlek daerah Pecinan di Jakarta meriah dengan penjual kelengkapan Imlek seperti angpao, hiasan rumah, dan alat sembahyang. Berburu foto di Pasar Petak Sembilan dan di klenteng-klenteng daerah Glodok banyak dilakukan. Aktivitas seru lainnya adalah berburu kuliner. Meskipun kawasan Pecinan, di Glodok banyak dijual makanan halal.

2. Bogor, Jawa Barat

Perayaan Imlek di Bogor jatuh pada momen Cap Go Meh atau 15 hari setelah Hari Imlek. Berpusat di pecinan Bogor, Jalan Suryakencana akan ada pertunjukan barongsai, sanggar seni, marching band, dan 1.000 lampion.

Baca jugaMau Ngerasain Liburan Bernuansa Belanda, Datang Ke Bayat Klaten

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Sama halnya seperti Bogor, Singkawang terkenal dengan perayaan Cap Go Meh yang meriah. Bahkan okupansi hotel di Singkawang penuh ketika momen Cap Go Meh. Di Singkawang perayaanya terbilang khas. Biasanya ada pawai antar suku dan agama, parade tatung, festival lampion, dan replika naga.

4. Solo, Jawa Tengah

Pusat perayaan Imlek di Solo berlokasi di kawasan Pasar Gede mulai 27 Januari 2019 sampai 20 Februari 2019. Rencananya ada 5.000 lampion yang akan dinyalakan. Kemudian, ada 12 lampu shio yang dipasang sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo. Pertunjukan kesenian seperti keroncong juga akan digelar saat perayaan Imlek.

Menjelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019, kawasan Pasar Gede Solo kembali berbenah dengan hiasan lampionnya. Memang menjelang perayaan Imlek, ribuan lampion di kawasan Pasar Gede selalu menjadi daya tarik yang dinanti oleh masyarakat Kota Solo dan sekitarnya.

Khusus tahun 2019 ini, sebanyak kurang-lebih 5.000 lampion akan menghias kawasan Pasar Gede. Menurut salah satu panitia yang mengurus lampion dan event Grebeg Sudiro, Henry Susanto, ribuan lampion itu akan mulai dinyalakan tanggal 27 Januari 2019 besok.

5. Lasem, Jawa Tengah

Perayaan Imlek di Lasem biasanya digelar di klenteng-klenteng. Hal yang menarik dari Lasem sebenarnya adalah desain rumah warga yang merupakan rumah peranakan sejak dulu kala. Lasem sendiri menyandang nama Tiongkok Kecil. (Wiek/lna)    

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*